Sandal Jepit /foto internet

KAREBANUSA.COM, Makassar - Sandal jepit merupakan sandal yang dimiliki oleh hampir serupa orang. Harganya yang relatif murah dan bentuknya yang simple membuat sandal jepit menjadi alas kaki yang paling banyak digunakan dikala bersantai atau tidak pada acara formal. 

Namun ternyata, kebiasaan pakai sendal jepit lama-lama bisa mengakibatkan banyak masalah pada kaki.

Dilansir dari Hallosehat.com, terlalu lama dan terlalu sering memakai sandal jepit dapat mengakibatkan kaki terkilir, dan rentan luka lainnya. 

Sol sendal jepit yang rata tidak mendukung lengkungan kaki alami Anda. Ini akan menyebabkan bagian depan kaki Anda refleks mencengkeram ke tengah tubuh daripada tetap lurus supaya posisi sendal tetap mantap selama dipakai bejalan.

Lama kelamaan, Anda lebih mungkin untuk mengalami keseleo karena pergelangan kaki cenderung memutar ke dalam atau keluar.

Sol sandal jepit yang rata juga lama-lama bisa membuat tumit sakit. Ketika tumit tidak disangga dengan alas kaki yang tepat, urat-urat tendon telapak kaki Anda akan tertarik dan menyebabkan peradangan. Peradangan inilah yang membuat tumit terasa sakit bahkan ketika Anda menapakkan kaki di lantai.

Selain tumit, telapak kaki atas juga rentan nyeri dan membengkak akibat keseringan pakai sandal jepit yang bersol rata.

Dalam sebuah penelitian tahun 2008, para peneliti dari Universitas Auburn menemukan bahwa memakai sandal jepit benar-benar bisa mengubah gaya dan postur berjalan manusia. Perubahannya bahkan bisa permanen. 

Sol sandal yang datar dan tidak mengikuti lekuk alami kaki lama-lama membuat telapak kaki cenderung rata. Pasalnya, kaki akan refleks mendarat pada bagian tengah atau depan — di mana terdapat lengkungan telapak kaki.

Lengkungan yang ada pada telapak kaki Anda berfungsi untuk menyeimbangkan tubuh ketika Anda bergerak. Telapak kaki yang rata berisiko untuk menyebabkan nyeri dan sakit pada otot-otot kaki, yang bisa menjalar hingga pinggul dan pinggang. Ini karena tulang belakang tubuh yang mencoba menahan badan agar tetap tegak ketika Anda berdiri dan berjalan. 


Baca juga