PLTB Sidrap tahap pertama sudah beroperasi sejak Juli 2018 lalu

KAREBANUSA.COM, Pangkajene - PT UPC Renewables Indonesia, pihak swasta yang membangun Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap, berencana akan membangun  (PLTB) tahap 2.

Hal ini disampaikan Kepala Pengembangan Proyek PT UPC Renewables Indonesia, Niko Priyambada, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (10/8/2020). Ia menargetkan konstruksi awal PLTB Sidrap II pada Oktober 2020.

"Sebenarnya sudah bisa jalan ini, tapi karena ada pandemi COVID-19, makanya hingga saat ini belum bisa dimulai," kata Niko. 

Selain karena pandemi, lanjutnya, tertundanya pembangunan PLTB tahap 2 karena masih menunggu kepastian dari PT PLN (Persero) sebagai perusahaan yang membeli dan menyalurkan listrik ke warga.

"Kita juga masih menunggu PJBL atau perjanjian jual beli listrik dari PT PLN (Persero). Setelah itu terlaksana, maka kita akan mulai konstruksinya," katanya.

Jumlah turbin yang akan dipancang pada PLTB Sidrap tahap 2 ini lebih sedikit daripada PLTB tahap 1 yang telah berjalan dua tahun lebih. Jika PLTB tahap pertama sebanyak 30 turbin dengan kapasitas 75 MW, maka tahap 2 ini hanya 21 turbin.

Lokasinya masih di sekitar PLTB sebelumnya.

Dilansir dari Antaranews,  UPC menyiapkan investasi untuk tahap 2 ini sebesar 125 juta dolar AS. Nilai ini lebih sedikit dibanding yang pertama yaitu sebesar 150 juta Dolar AS.

PLTB tahap 2 ini diperkirakan mampu menghasilkan daya sebesar 60-70 MW. Karena meski jumlahnya sedikit namun tinggi tiang lebih tinggi dan juga baling-balingnya lebih panjang.

Pembangunan PLTB Sidrap tahap 2 sudah memenuhi persyaratan, termasuk kelengkapan persyaratan perizinan seperti izin lokasi melibatkan pertanahan dan izin mendirikan bangunan (IMB) melalui koordinasi Dinas PUPR dan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) bersama Dinas Lingkungan Hidup.

"Semuanya sudah diterbitkan tahun 2020," ungkap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Sidrap, Sulsel, Ruli Dasananda, dikutip dari Antaranews.

Kehadiran PLTB di Sidrap tidak hanya berdampak pada pasokan listrik yang melimpah, namun juga memberikan pemasukan daerah kepada Pemerintah Sidrap.


Tags: PLTB Sidrap PLTB Sidrap tahap 2 PT UPC Renewables Indonesia