KAREBANUSA.COM, Makassar - Dua mahasiswa Politeknik Bosowa (Polibos), Reza Adryan dan Juvianto, berhasil memodifikasi kendaraan roda 2 bermesin motor bakar menjadi motor listrik. Hasil karya ini merupakan dipaparkan dalam ujian akhir, Rabu (25/8/2021).

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Listrik yang dibimbing oleh Umar Muhammad MT dan Syahrul Mustafa MT ini bermaksud mengembangkan teknologi motor listrik demi mengurangi polusi udara.

"Selain sebagai tugas akhir, memang kami memodifikasi motor ini agar kendaraan motor bakar bisa berkurang, sebab salah satu yang banyak menyumbang polusi udara adalah kendaraan yang banyak saat ini digunakan," tutur Reza.

Kendaraan tersebut menggunakan motor BLDC 48 v 500 w sebagai penggerak dan baterai lithium Ion sebanyak 91 buah dengan kapasitas 48 v 15 AH sebagai sumber energi listriknya. Dari hasil pengujian, motor listrik ini mampu menempuh jarak maksimal 7 km pada kecepatan 15 - 20 km/jam.

Fatmawati Azis, Dosen Polibos, senang dan berharap dua mahasiswa ini dapat mengembangkan karya mereka. "Semoga kedepannya mereka bisa membuat jarak tempuh yang lebih jauh," tuturnya.(*)


Tags: Motor listrik Polibos

Baca juga