KAREBANUSA.COM, Makassar - Universitas Bosowa (Unibos) dan PT Semen Bosowa Maros sepakat menjalin kerja sama dalam bidang Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat serta program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Rektor Unibos, Prof dr Muhammad Saleh Pallu MEng dengan Nur Alam selaku Head Safety Critical Equipment Comdev mewakili Head Plant PT Semen Bosowa Maros di Ruang Rapat lt 9 gedung I Unibos, Rabu (17/11/2021).


Penandatanganan ini turut disaksikan oleh Wakil Rektor I Unibos, Baharudin MSi PhD; Sekertaris Unibos, dr Hadijah Mahyuddin MSi; Dekan Fakultas Teknik Unibos, Dr Ridwan MT; Ketua Program Studi (KPS) teknik pertambangan, KPS Teknik kimia, KPS Teknik Geologi


“Kerjasama ini kita lakukan tentunya untuk memajukan Unibos dan PT Semen Bososwa Maros yang merupakan institusi bersaudara namun tujuan yang berbeda. Kalau Semen Bosowa itu menghasilkan Sumber Daya Alam sedangkan Unibos menghasilkan Sumber Daya Manusia,” kata Prof Saleh Pallu.


Dalam kerjasama ini, Rektor Unibos berkeinginan mengirimkan mahasiswanya untuk magang dan belajar di PT Semen Bosowa Maros guna menambah ilmu serta pengalaman.


“Dari kerjasama ini dapat mendukung program MBKM dan mengirimkan mahasiswa Unibos untuk melakukan pemagangan di PT Semen Bosowa Maros agar meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam bentuk output yang bisa terukur terutama kepada alumni kita agar dapat diserap. Serta masih banyak potensi-potensi lainnya yang dapat kitalakukan bersama,” jelas Prof Saleh.


 “Kami juga telah membentuk tim untuk menganalisis Prodi apa saja yang dapat bekerja sama dengan PT Semen Bosowa dan beberapa prodi tersebut seperti Prodi Tambang, Prodi Geologi, Prodi Teknik Kimia, dan Prodi Teknik lingkungan. Oleh karena itu, kami telah membuat lembaga pusat tudi geomine. Saya harap  dapat memaksimalkan kerjasama ini dan semoga dalam waktu singkat dapat segera melakukan action,” tambahnya.


Sementara itu, Head Safety Critical Equipment Comdev, Nur Alam berharap kerja sama ini memberikan solusi bagi pemenuhi SDM di industri.


“Kekhawatiran kami di industri bisa kita minimize agar mendapatkan hasil yang optimal. Untuk saat ini Kami membutuhkan SDM dari geologi, maka dari itu kami membutuhkan ahli atau konsultan dari Unibos,” kata Nur Alam. “Selanjutnya Perjanjian Kerja Sama akan lebih jelas lagi apa yang akan kita kerjasamakan.”

“Harapan kami dapat bekerjasama di sektor lain serta dapat menggunakan tenaga ahli dari unibos karena kami selama ini sering menggunakan tenaga dari luar. Oleh karena itu kami melakukan Kerjasama ini, dan menggunakan semaksimal mungkin tenaga dari unibos apatah lagi unibos itu merupakan sekolahnya para bos,” tutup Nur Alam.(*)


Tags: PT Bosowa Semen PT Bosowa Semen Maros Unibos

Baca juga