KAREBANUSA.COM, Makassar - Universitas Bosowa (Unibos) menggelar kuliah umum bertajuk "Globalisasi dan Politik Ekonomi" di Hotel Aryaduta, Sabtu (14/5/2022). Kuliah umum ini menghadirkan Mardigu Wowiek Prasantyo sebagai pemateri.

Mardigu merupakan pengusaha dengan lebih dari 20 perusahaan dan sering disapa "Bossman" oleh pegawainya. Ia juga menjadi Ataf Ahli Anstra Kemenhan, Konsultan, dan motivator melalui media sosial.

Dalam pemaparannya selama lebih dari dua jam itu, Mardigu bercerita bagaimana perkembangan ekonomi dunia dan juga Indonesia, bagaimana Amerika Serikat dan China bisa menguasai perdagangan dunia, dan lainnya.

"Beberapa negara mulai menggunakan sistem disebut Printing money berdasarkan project. Mereka menghitung misalnya berapa ongkosnya untuk Inggris menang perang, berapa biaya Amerika menang perang, berapa biaya yang dibutuhkan. Semua dihitung biaya selama setahun secara detail dan terperinci, itulah best printing money berdasarkan sektor produksi," paparnya.

"Jadi kalau Indonesia pengen jadi superpower di tahun 2045, mau bangun IKN (Ibukota Negara Nusantara), atau mau bangun Makassar jadi hub-nya Indonesia timur, apapun itu, buatlah detail, rinci, habis itu printing money aja," tambahnya.

Menurutnya, menjadi pengusaha dan wirausaha pun begitu. Harus bisa membuat perencanaan secara detail dan terperinci.

Sementara itu, Rektor Unibos, Prof Batara Surya, mengungkapkan bahwa pihaknya segaja membawa Mardigu Wowiek Prasantyo ke Makassar untuk memberikan motivasi kepada mahasiswanya menjadi wirausaha.

"Bagaimana menciptakan wirausaha wirausaha baru, makanya kita akan mulai dari kampus Universitas Bosowa. Karena ke depan, mahasiswa itu tidak harus berpikir harus jadi pegawai dan seterusnya setelah lulus tapi bagaimana bisa menciptakan wirausaha pada dirinya sendiri sehingga dia mampu membuka usaha," katanya.

Prof Batara menambahkan, Unibos ingin menyiapkan mahasiswa untuk mandiri setelah lulus nanti 

"Kita harus membekali lebih awal mahasiswa, kemudian ketika dia sudah jadi alumni, dia sudah bisa berkiprah dengan baik, termasuk jika terserap di dunia kerja," tutupnya.


Tags: Bossman kuliah umum Mardigu Wowiek Prasantyo Unibos

Baca juga