KAREBANUSA.COM, Makassar - Mahasiswa Kalla Institute memperingati Proklamasi Kemerdekaan RI dengan menggelar upacara yang unik. Jika pada umumnya upacara pengibaran merah putih dilaksanakan di halaman kantor atau institusi, namun mahasiswa Kalla Institute merayakannya di alam terbuka, di puncak bukit. 

Sejumlah mahasiswa Kalla Institute memperingati HUT Kemerdekaan RI di Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Rabu (17/8/2022). 

Rombongan mahasiswa Kalla Institute yang diketuai Abdul Hakim merayakan kemerdekaan mengusung konsep "Kembali ke Alam".

Abdul Hakim mengatakan bahwa pihaknya menggalar upacara di alam terbuka dengan tujuan memperkuat rasa nasionalisme mahasiswa sekaligus berkontribusi dalam pelestarian lingkungan. 

Kegiatan itu terlaksana berkat kolaborasi yang dilakukan oleh BEM Kalla Institute dan Komunitas Rantau (Gerakan Cinta Kemanusiaan dan Lingkungan). Total partisipan sebanyak 35 orang yang terdiri dari mahasiswa Kalla Institute, mahasiswa Muhammdiyah Enrekang, Yayasan Gugah Nurani Indonesia, dan komunitas lainnya.

Abdul Hakim mengatakan bahwa mewujudkan rasa syukur atas nikmat kemerdekaan tidak cukup hanya dengan melaksanakan upacara bendera dan mengenang detik-detik Proklamasi 17 Agustus 1945.

“Rasa syukur mestinya diwujudkan dalam bentuk aktivitas produktif yang mengasah intelektual anak muda sekaligus menumbuhkan rasa peduli pada sesama dan lingkungan dalam rangka mewujudkan indonesia masa depan yang lebih baik, tangguh dan maju,” ucapnya.

Upacara pengibaran bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 77 dilaksanakan berbeda dari umumnya karena dilaksanakan di puncak Bukit Mandatte Park di Enrekang. Peserta yang hadir dari berbagai kampus dan komunitas. 

Dalam memaknai peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Kalla Institute juga melakukan kegiatan penghijauan bibit pohon yang disupport oleh Yayasan Hadji Kalla. Harapannya kegiatan itu mampu membangkitkan rasa nasionalisme kepada anak muda, serta menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan.

"Yang unik lagi karena setelah upacara dilanjutkan dengan penanaman pohon, melakukan penghijauan pada area lereng-ereng bukit Mandate," lanjutnya.(*)


Tags: Kalla Institute

Baca juga