KAREBANUSA.COM, Makassar – Kalla Institute kembali menggelar Business Ideathon atau Lomba Ide Bisnis. Ini merupakan tahun kedua setelah sebelumnya sukses digelar 2021 lalu. 

Penyelenggaraan lomba ide bisnis merupakan wadah bagi para pelajar untuk menuangkan ide bisnis yang dapat diimplementasikan dan mendorong literasi kewirausahaan. Selain itu, juga mendorong perubahan mindset dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja dan penguatan ekonomi yang berdampak.

Wakil Rektor 1 Kalla Institute Bidang kemahasiswaan, Amril Arifin, mengatakan bahwa dalam kegiatan itu bertujuan menarik minat pelajar dan menambah wawasan dalam mengembangkan bisnis yang kreatif. 

“Kegiatan ini juga kami laksanakan untuk menambah wawasan pelajar dalam kewirausahaan serta ikut membantu pemerintah dalam meningkatkan rasio wirausaha khususnya di Sulawesi selatan,” jelasnya. 

Persyaratan peserta adalah siswa SMA/SMK/MA dan sederajat yang duduk di kelas 11 hingga 12. Peserta harus membentuk tim yang berjumlahkan minimal 3 orang dari sekolah yang sama serta didampingi oleh pihak guru atau yang ditunjuk dari sekolah masing masing. 

Para peserta akan melewati beberapa rangkaian kegiatan seperti webinar, kunjungan kampus, pembekalan pitching, expo bisnis dan pitch day. Kriteria dalam penilaian pun sangat ketat meliputi argument pembuka, kreativitas, viability product, keuangan, pemahaman konsumen dan masalah serta solusi dari ide bisnis yang dipresentasikan. 

Hadiah pada lomba itu cukup besar.l, mencapai puluhan juta Rupiah. Hadiah diberikan dalam bentuk uang tunai hingga beasiswa bagi pemenang.

Adapun hadiahnya yaitu: 

- 10 besar berhak mendapatkan pendampingan bisnis dari Kalla Institute

- 5 besar akan mendapatkan penawaran Beasiswa dari Kalla Institute

- Juara 3 akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3 juta, penawaran beasiswa dari Kalla Institute, serta akses bisnis Mall Nipah/MaRI

- Juara 2 akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5 juta, penawaran beasiswa dari Kalla Institute, serta akses bisnis Mall Nipah/MaRI.

- Juara I akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 10 juta, penawaran beasiswa dari Kalla Institute, serta akses bisnis Mall Nipah/MaRI.

Ketua panitia sekaligus Ketua Inkubator Bisnis, Taufan Gunawan, mengatakan bahwa kegiatan itu akan disebarluaskan secara massif ke sekolah-sekolah di Sulawesi Selatan. 

“Kami tentunya akan berkunjung ke beberapa sekolah untuk mensosialisasikan kegiatan ini. Hal ini agar kegiatan lomba ide bisnis bisa diikuti oleh perwakilan tiap sekolah di Sulsel. Kita harap peserta lebih banyak dari tahun sebelumnya," katanya

"Dengan begitu persaingan dalam menciptakan ide yang kreatif semakin besar,” ungkap Taufan. 

Diakhir kegiatan, panitia akan menyiapkan pitch mentoring dan gala dinner untuk finalis dengan menghadirkan para investor yang siap mendanai ide bisnis yang terpilih. Selain itu, Kalla Institute juga menyiapkan akses kepada para pemenang untuk memasang tenant di salah satu mall di kota makassar (Mall Ratu Indah/ Nipah Park) sebagai langkah awal dalam memasarkan bisnisnya. 

Pendaftaran di buka sejak tanggal 20 September 2022 dan akan ditutup tanggal 30 Oktober 2022.(*)


Tags: Business Ideathon Business Ideathon 2022 Kalla Institute Lomba Ide Bisnis

Baca juga