KAREBANUSA.COM, Makassar - Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga, khususnya kelas 12,  melakukan observasi kampus di Jawa, tepatnya di wilayah Surabaya,  Malang, dan Yogyakarta. Tiga wilayah yang memiliki kampus mumpuni di Indonesia.

Kegiatan observasi kampus di Jawa ini diberi tema “Menggali Peluang Program Studi Terbaik di Era 4.0". 

Rombongan berangkat 24 Oktober lalu dan akan melakukan observasi sampai 29 Oktober 2022 nanti.

Kunjungan rombongan dari sekolah milik Yayasan Hadji Kalla itu menggandeng pihak Delta Wisata Tour and Travel.  

Wakil Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga Bidang Kurikulum, Bakry Liwang, mengungkapkan, untuk tahun ini, kegiatan observasi kampus ini menyasar tujuh kampus terbaik di Pulau Jawa. 

"Observasi kampus tahun 2022 ini mengunjungi Unair (Surabaya), ITS (Surabaya), UB (Malang), UIN Malang, UMM (Malang), ISI Jogja (Yogyakarta) dan UGM (Yogyakarta),” ujarnya saat dihubungi, Rabu (26/10/2022).

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman mendalam terkait prodi dengan memiliki prospek yang baik di masa depan.

"Selain itu, siswa diperkenalkan lebih awal terkait sistem perkuliahan di PTN serta dan mengenal berbagai jalur masuk dan peta persaingan di berbagai PTN yang dikunjungi," jelasnya. 

Observasi kampus adalah program unggulan yang hampir tiap tahun diadakan. Bahkan, katanya, kegiatan tahun ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya, khususnya jumlah PTN yang menerima cukup banyak dari PTN terbaik di Indonesia. 

"Kegiatan kali ini disiapkan dengan baik oleh panitia dengan menerbitkan buku panduan Observasi Kampus 2022 yang memuat semua materi, jadwal kegiatan, tata tertib peserta, hingga lembar kerja yang siswa selesaikan setelah mengikuti program ini,” katanya. 

“Inilah menjadi hal berbeda dari tahun sebelumnya," tandas Bakry. 

Sementara itu, Mohammad Fauzan Siddiq, siswa Kelas XII IPA 1 mengungkapkan, program observasi kampus ini sangat bermanfaat.

"Untuk kami kelas 12 dimana kami dapat menambah wawasan atau memperluas wawasan mengenai universitas-universitas yang ada di Indonesia. Selain itu, kami bisa mengetahui lebih dalam mengenai fakultas-fakultas yang mungkin sebagian dari kami belum ketahui," jelasnya.(*)


Tags: ITS Malang Observasi kampus SMA Islam Athirah Bukit Baruga UGM Unair Surabaya Universitas Brawijaya Universitas Muhammadiyah Malang Yogyakarta

Baca juga