KAREBANUSA.COM, Makassar - Fakultas Pertanian (FP) Universitas Bosowa (Unibos) selenggarakan Guest Lecture dengan menghadirkan dua pemateri yakni Prof Dr Zuyasna dari Universitas Syiah Kuala (Banda Aceh) dan Dr Ir Farida Iriani MP dari Universitas Insan Cendekia Bandung, Minggu (28/4/2024). 

Kegiatan ini mengangkat topik Pemuliaan Tanaman Berbasis Pupuk Organik yang didiskusikan bersama oleh dua pemateri dan mahasiswa FP Unibos.

Adapun kegiatan ini juga dihadiri oleh Dekan FP Unibos, Ir Andi Tenri Fitriyah MSi PhD, serta jajaran Wakil Dekan, Ketua Program Studi, dan dosen-dosen FP Unibos. 

Pada sesi pemberian materi, Prof Dr Zuyasna menyampaikan bahwa diperlukan inovasi di bidang pengembangan budidaya pertanian. 

"Inovasi di bidang pengembangan budidaya pertanian khususnya regerasi genetik tanaman perlu untuk dilakukan. Namun untuk melahirkan genetik baru membutuhkan waktu yg cukup lama dan biaya yang relatif besar," ujarnya. 

Sedangkan Dr Farida Iriani MP selaku pemateri selanjutnya juga menuturkan pentingnya fisiologi pasca panen. 

"Proses pasca panen sangat menentukan kualitas atau mutu hasil  pertanian, selain itu juga pasca panen dapat menyebabkan terjadinya loss produksi kalau dilakukan tidak tepat," tuturnya. 

Terakhir, Ir Andi Tenri Fitriyahjuga menjelaskan manfaat pelaksanaan guest lecture ini. 

"Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat dalam memantik terciptanya gagasan dalam menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan organik untuk masa depan bangsa dan negara yang lebih baik," sebutnya. 

"Tujuan utama kami sebenarnya yaitu agar dapat lebih membuka dan menambah wawasan mahasiswa tentang pertanian ke depan melalui kolaborasi dan bersinergi dengan perguruan tinggi di Indonesia," tutupnya. 

Acara ini diakhiri dengan  penandatangan berita acara oleh para dosen tamu dengan Ir Andi Tenri Fitriyah MSi PhD selaku Dekan FP Unibos.

(*)


Tags: Fakultas Pertanian Unibos

Baca juga