KAREBANUSA.COM, Makassar - Guna mencegah peningkatan penularan Covid-19, jajaran Direksi PD Pasar Makassar gencar melakukan pengawasan dan sosialisasi kepada seluruh pedagang dan pengunjung pasar. Sosialisasi juga diiringi dengan pemberian masker maupun penyemprotan disinfektan.

Hal ini dilakukan guna mencegah klaster baru di lingkup pasar tradisional, mengingat tingginya kembali penyebaran Covid-19 di awal tahun 2021 ini. 

Direktur Operasional PD Pasar Makassar, Saharuddin Ridwan, menjelaskan, pihaknya selalu mengingatkan kepada pengunjung dan pedagang agar tidak lupa menggunakan masker. Juga mencuci tangan sebelum dan sesudah berbelanja.

"Kita selalu ingatkan agar selalu memakai masker dan cuci tangan sebelum dan sesudah belanja, begitu juga kepada pedagang dan kalangan pegawai PD Pasar sendiri," ujar Sahar, Rabu (13/1/2021).

Menurutnya, himbauan ini terus dilakukan untuk kebaikan bersama agar penyebaran Virus Corona tidak lagi mengganas. 

"Ini untuk kebaikan ta semua ji, kita tidak ingin penerapan PSBB seperti tahun lalu diberlakukan kembali karena kelalaian kita. Yang rugi kan kita juga," imbuhnya.

Sekaitan dengan itu, PD Pasar Makassar juga sudah melakukan penyemprotan di beberapa pasar. Seperti Pasar Kampung Baru, Pasar Terong, Pasar Maricaya, dan Pasar Kalimbu. 

Penyemprotan dipimpin langsung Kabag Ketertiban dan Keindahan PD pasar Makassar, Muh Jaenul, didampingi Kasubag Pembinaan & Ketertiban, Abd Malik Hakim. 


Menurut Jaenul, penyemprotan ini karena adanya tren peningkatan positif Corona di Makassar, sehingga dilakukan pencegahan secepatnya sebagai langkah antisipasi.

"Penyemprotan kami lakukan karena adanya tren peningkatan covid 19 di kota kita, sehingga kita antisipasi dengan melakukan penyemprotan dibeberapa pasar sesuai arahan Direktur Operasional," ujar Jaenul. 

Sebelumnya, menurut Jaenul, jajarannya sudah beberapa kali melakukan sosialisasi dan penyemprotan. Bahkan melakukan pemantauan terhadap pengunjung dan pedagang yang tidak mematuhi protokol kesehatan. 

"Kami sebenarnya sudah sering lakukan pemantauan dan sosialisasi. Karena itu sudah tugas pokok kami yang ditunjuk selaku tim Satgas Covid-19 di bagian Ketertiban dan Keindahan Pasar," pungkasnya. 

Sebagaimana diketahui, per 1 Januari 202, pasukan TNI yang tergabung dalam Satuan Covid-19, sudah tidak bertugas lagi di beberapa pasar tradisional Makassar. Sehingga Direksi PD Pasar memasifkan bagian Ketertiban dan Keindahan PD Pasar mengambil alih tugas Satgas Covid dibantu dari masing-masing staf Unit Pasar setempat.(*)


Tags: Makassar PD Pasar

Baca juga