KAREBANUSA.COM, Makassar - Pegawai National Aeronautics and Space Administration (NASA), Launa Maier, memberikan kuliah di Universitas Bosowa (Unibos) dalam kegiatan Kuliah Dosen Praktisi, Kamis (15/4/2021). Kegiatan ini merupakan agenda Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) bersama Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bosowa (Unibos).

Launa Maier merupakan alumni dari Jurusan Physics di University of Oklahoma, Jurusan Atmospheric Physics di University of Arizona. Gelar S2 diambil pada Jurusan Industrial Engineering di Central Florida. 

Ia juga merupakan karyawan NASA yang telah bekerja selama 31 tahun.

Pelakasanaan Kuliah Dosen Praktisi yang bertema “Penyebab dan Dampak Gempa Serta Aktifitas Vulkanik” ini dilakukan dengan metode Blended Learning yaitu pembelajaran campuran melalui daring dan offline di mana peserta terbatas.

Kegiatan bertempat di ruang kelas perkuliahan FKIP lantai 4 gedung B Unibos ini diikuti 10 mahasiswa yang hadir secara offline. Turut dihadiri Dekan FKIP, Dr Asdar MPd; Wakil Dekan II FKIP, Dr Hj Andi Hamsiah MPd; dan Kaprodi Pendidikan Fisika, Ahmad Swandi MSiP. 

“Salah satu mata kuliah wajib di prodi Pendidikan Fisika Unibos adalah Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA). Dalam mata kuliah itu, salah satu pembahasan penting adalah mengenai gempa dan aktivitas vulkanik," kata Ahmad Swandi.

"Materi ini sangat erat kaitannya dengan Fisika. Oleh karena itu, kami menghadirkan dosen praktisi yang sangat profesional dibidangnya, yaitu Launa Maier,” tambahnya.

Ia menjelaskan, konsep Fisika mampu menjelaskan bagaimna energi akibat getaran gempa merambat, seberapa besar kecepatannya rambatannya, bentuk getarannya, dan dampak yang dihasilkan seperti terbentuknya gelombang tsunami. Fisika termal juga mampu menjelaskan bagaimna magma menghasilkan tekanan dan keluar ke permukaan bumi. 


"Oleh karena itu, dalam Fisika terdapat satu cabang tertentu yang mengkaji tentang hubungan ilmu fisika dengan bumi atau biasa disebut dengan Geofisika,” tambahnya

Dekan FKIP Unibos, Dr Asdar MPd, mengungkapkan, menghadirkan dosen praktisi bisa membuat mahasiswa belajar teori sekaligus memberikan pengalamannya di lapangan.

Apalagi, akhir-akhir ini sering terjadi bencana gempa bumi di wilayah Indonesia, khususnya yang telah terjadi di beberapa daerah Sulawesi, seperti Palu dan Sulbar, beberapa waktu lalu.

"Kuliah bersama dosen praktisi ini kita maksudkan agar mahasiswa dapat mengerti secara teori proses terjadinya gempa atau secara Geofisika dan dampak dari gempa tersebut. Mahasiswa diberikan tips bagaiamana cara mengantisipasi jika terjadi gempa yang tidak kita inginkan,” ungkapnya.(*)


Tags: NASA Unibos

Baca juga