KAREBANUSA.COM, Makassar - Toyota Raize telah diperkenalkan ke pasar Indonesia oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) pada 30 April lalu. Mobil 5 seater ini pun akhirnya resmi mengaspal di Makassar.

Kalla Toyota sebagai main dealer Toyota di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara resmi meluncurkan Toyota Raize di Makassar, Sabtu (8/5/2021).

Kendaraan baru ini menambah line up SUV keluaran Toyota. Ini juga sebagai apresiasi kepada pelanggan yang telah 50 tahun mendukung keberadaan Toyota di Indonesia sekaligus memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) yang terus meningkat.

"Segmen SUV memang semakin populer dan kehadiran Raize ini melengkapi line up kami untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," ucap Hariyadi Kaimuddin selaku Chief Executive Officer (CEO) Kalla Toyota, saat memperkenalkan kendaraan ini di Gastros Nipah Mal. 

"Meski berbeda dengan pendahulunya yang 7 seater, Riaze memiliki keunggulan segi mobilitas. Tampilan lebih stylish dan sporty, ini gampang manuver, khususnya di perkotaan yang padat. Ini akan menjadi andalan baru Toyota, memenuhi kebutuhan masyarakat," papar Hariyadi.

Ia menambahkan, dengan tampilan yang sporty dan didukung fitur interior dan safety yang modern dan lengkap di kelasnya, kehadiran Toyota Raize diharapkan mampu memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam. Tampilan yang stylish, fun to drive, dan youthful didekasikan untuk customer yang ingin terikat secara emosional dengan kendaraannya.

Toyota Raize dirancang tidak hanya memberikan kenyamanan dengan dukungan inovasi teknologi mesin turbocharge, namun juga menghadirkan excitement dan better environment yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Hal ini merupakan bagian dari tujuan Toyota untuk menghadirkan Mobility Happiness for All.

Eksterior dan interior Toyota Raize didesain untuk menghidupkan perjalanan penggunanya dalam konsep kombinasi “Bold and Active” pada tampilan luar dan “Comfort and Utility” pada bagian dalam. Konsep ini melahirkan aura bergaya dan berani pada penampilan Toyota Raize dan membangun citra muda dan aktif pada pemiliknya.

Toyota Raize mempunyai dimensi kompak dengan panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Meski begitu, Raize tetap terlihat proporsional berkat wheelbase mencapai 2.525 mm dan ground clearance setinggi 200 mm.

Kesan sebuah SUV yang gagah, sporty, dan atraktif tampak dari aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif di depan. Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp, semua menggunakan LED, dan velg besar 17 inch pada tipe 1.0T. 

Sementara itu, interiornya lapang dan juga dilengkapi fitur dengan teknologi terdepan seperti terpasang MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog. 

Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch, Interior Illumination, serta Interactive 9 Inch Head Unit dengan floating design dan terkoneksi dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya. 

Toyota Raize dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap seperti 6 Airbags, Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA. Semua fitur keselamatan ini terdapat pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS. TSS adalah Toyota Safety Sense yang merupakan fitur keselamatan yang biasanya terdapat pada model di segmen high—premium.

Selain itu, seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

“Kabar yang sangat membahagiakan ialah Toyota Raize masuk dalam deretan daftar kendaraan yang mendapatkan relaksasi PPnBM 0 persen. Sehingga bagi pelanggan yang segera melakukan pembelian unit tentunya dapat memiliki Toyota Raize dengan harga yang lebih murah di bulan Mei,” ungkap Marketing & Customer First General Manager Kalla Toyota, Fajriaty

 Muhammadiah.

Toyota Raize hadir dengan berbagai varian. Untuk Raize 1.0T G M/T (One Tone) dibanderol seharga Rp 227.300.000, Raize 1.0T G M/T (Two Tone) ditawarkan seharga Rp 229.600.000.

Sementara Raize 1.0T G CVT (One Tone) dijual seharga Rp 240.400.000, Raize 1.0T G CVT (Two Tone) seharga Rp 242.800.000, dan Raize 1.0T GR Sport CVT (One Tone) seharga Rp 252.100.000. Kemmudian Raize 1.0T GR Sport CVT (Two Tone) seharga Rp 254.500.000, Raize 1.0T GR Sport CVT TSS (One Tone) Rp 271.200.000, dan Raize 1.0T GR Sport CVT TSS (Two Tone) seharga Rp 273.600.000. 

Harga tersebut berlaku khusus untuk OTR Sulawesi Selatan.

Sementara itu, untuk perawatan kendaraan, Kalla Toyota sudah menyiapkan program purna jual untuk pembelian Toyota Raize. Pelanggan akan mendapatkan free service dan free parts sepanjang 50.000 km atau maksimum 4 tahun, mana yang tercapai terlebih dahulu.

“Bagi pelanggan setia Kalla Toyota dan masyarakat kota Makassar dan sekitarnya kini bisa melihat lebih dekat keunggulan Toyota Raize yang sangat pas bagi yang berjiwa stylish dan dinamis. Tidak hanya itu, kami menghadirkan Test Drive Toyota Raize yang bisa dinikmati oleh pengujung NIPAH tepatnya di Pintu Bugis sampai tanggal 16 Mei mendatang,” lanjut, Fajriaty. 

 

Toyota Raize pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 2019 di Jepang dan berhasil tampil sebagai salah satu best-selling model di pasar negeri Sakura ini. Dengan diluncurkannya Toyota Raize pada 30 April 2021 lalu, menjadikan Indonesia sebagai negara pertama di luar Jepang yang meluncurkan kendaraan compact SUV ini.

Fajriaty menambahkan pihaknya menargetkan penjualan 400-500 unit perbulan. Sejak diperkenalkan akhir April lalu, permintaan di Makassar mulai membludak.Sampai saat ini, SPK sudah lebih dari 100 unit.(*)


Tags: Kalla Toyota Toyota Toyota Raize

Baca juga