KAREBANUSA.COM, Makassar - Politeknik Bosowa (Polibos) sebagai salah satu unit pendidikan vokasi terus berusaha mewujudkan SDM yang berkualitas dan berkompeten di dunia industri. Hal tersebut tidak terlepas dari berbagai dukungan yang diberikan secara maksimal kepada mahasiswa seperti memberikan pelayanan yang terbaik untuk semua anak didiknya.

Sebagaimana diketahui Polibos merupakan perguruan tinggi bidang vokasi yang menerapkan perkuliahan 70 persen praktik dan 30 persen teori. 

Karena itu pulalah, Polibos melakukan  proses perkuliahan secara offline, khususnya kegiatan praktik, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mahasiswa harus sudah mengikuti vaksin, menjaga jarak, dan menggunakan masker.

Mata kuliah Elektro Pneumatik merupakan salah satu kegiatan praktikum yang dilakukan secara tatap muka oleh mahasiswa Program Studi Teknik Mekatronika. 

Elektro Pneumatik merupakan bidang ilmu dari proses mekanik yang menggunakan udara bertekanan untuk mencekam, menggeser, serta mengatur arah dan posisi suatu sistem mekanik atau komponen mesin industri.

Mahasiswa Polibos, Andi Saif Ahmad, memaparkan praktikum Elektro Pneumatik yang diikutinya merupakan praktikum yang berkaitan dengan aliran dan mekanika menggunakan udara bertekanan melalui suatu sistem saluran dengan menggunakan beberapa perangkat seperti kompressor sebagai sumber udara bertekan, tubing, valve, silinder, dan perangkat lainNya. 

"Prinsip kerja dari Elektro Pneumatik menggunakan hukum-hukum aeromekanika, dengan menentukan kondisi keseimbangan gas dan uap (khusus udra atmosfir) yang dipengaruhi gaya luar dari bidang ilmu aerostatika dan teori aliran dari bidang ilmu aerodinamika. Elektro Pneumatik dalam implementasinya memanfaatkan teknik udara bertekanan yang memindahkan suatu gaya atau gerakan," tuturnya, Selasa (19/10/21).

Lebih lanjut Saif menjelaskan, teknologi pneumatik banyak dipergunakan di industri otomotif, kimia, petrokimia, farmasi, percetakan, makanan, water process, dan kemasan. 

Fungsi Elektro Pneumatik di industri tersebut secara umum menjalankan operasi pencekaman, penggeseran, pengaturan posisi dan arah serta percabangan aliran benda.

Wakil Direkur I Polibos, Yoan Elviralita MT, yang sekaligus dosen pengampu mata kuliah Elektro Pneumatik menuturkan, proses penyampaian materi akan lebih baik jika menggunakan media pembelajaran atau media praktikum. Ini sebagai perantara yang dikaitkan langsung dengan kondisi riil di dunia kerja, terutama yang berhubungan dengan bidang teknik, hal ini diwujudkan dalam proyek awal dan tugas akhir mahasiswa yang beberapa menerapkan teknologi pneumatik. 

“Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar atau praktikum dapat menumbuhkan keinginan dan minat yang baru bagi mahasiswa, membangkitkan motivasi belajar, dan mengaktifkan respon dari mahasiswa, terutama dengan mengelola latihan yang sesuai dengan materi ajar, media ajar atau media praktikum dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap kondisi aktual pemanfaatan atau aplikasi sistem yang dipelajari,” tuturnya.(*)


Tags: Elvi Sukaesih Kuliah tatap muka Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Polibos Politeknik Bosowa

Baca juga