KAREBANUSA.COM, Makassar - Institute Teknologi dan Bisnis Kalla atau Kalla Institute menyambut mahasiswa baru tahun 2022 sebanyak 34 orang, Senin (19/9/2022). Penyambutan yang digelar di Saoraja Ballroom Wisma Kalla ini bertajuk “Maju Bersama Mencetak Pengusaha Muda”.

Kegiatan itu dihadiri Civitas Akademika Kalla Institute, Kepala LLDikti Wilayah IX, Andi Lukman; dan Ketua Umum Yayasan Hadji Kalla, Fatimah Kalla.

Rektor Kalla Institute, Syamril, mengatakan bahwa pendaftar tahun 2022 berjumlah 84 orang dari berbagai jalur masuk seperti reguler, prestasi, dan beasiswa.

“Jumlah pendaftar tahun ini mengalami penurunan, namun secara kualitas kami meningkat. Terbukti dari hasil seleksi yang kami dapatkan lebih dari 50 persen tidak berhasil masuk ke kampus kami," katanya. 

"Hanya 34 orang dan 2 diantaranya penerima beasiswa dari kampus yang telah diseleksi secara ketat. Tentu kedepannya kami akan terus mendorong kampus kita untuk semakin berkembang, tidak hanya dari segi jumlah mahasiswa, tapi juga dari segi kualitas dosen dan lulusan,“ jelasnya.

Lebih lanjut Syamril, tahun 2022 Kalla Institute telah membuat sebuah ekosistem bisnis dan professional dengan hadirnya Career Development Center (CDC) dan Inkubator Bisnis. Kedua Lembaga itu memiliki peran penting dalam mencetak lulusan yang berkualitas dan berkompeten. 

Dalam penyambutan itu, mahasiswa baru disuguhkan video sambutan Wakil Presiden RI Ke 6 dan Ke 10, Jusuf Kalla. Jusuf Kalla mengatakan betapa pentingnya berwirausaha dalam membangun perekonomian Indonesia ke depan. 

Jusuf Kalla juga menitipkan pesan kepada mahasiswa baru untuk selalu mengasah kemampuan yang dimiliki, serta menjadi lulusan yang unggul. 

Pada kesempatan yang sama, Fatimah Kalla turut memberikan motivasi serta harapan kepada mahasiswa baru untuk betul betul memanfaatkan kesempatan selama berada dalam ruang lingkup perkuliahan di Kalla Institute. Fatimah Kalla mengatakan bahwa dengan unit bisnis kalla group, mahasiswa bisa mengakses banyak pengetahuan dan praktik bisnis secara langsung. 

“Tidak hanya sekedar teori, unit bisnis kalla group bisa kalian jadikan sebagai sarana belajar yang baik. Bisnis kalla group sudah menghiasi berbagai kehidupan kita khususnya di Sulawesi Selatan," katanya. 

"Kami punya bisnis mobil, motor, F&B, konstruksi, jalanan, aspal, beton, Mall, Building dan masih banyak lagi. Jangan siasiakan kesempatan ini terus asah skill agar kedepan kalian tidak hanya lulus tapi juga berkompeten,” tambah Fatimah. 

Pada proses penyambutan, Kepala LLDikti Wilayah IX Andi Lukman turut berpartisipasi dengan memberikan kuliah umum. Andi Lukman sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kalla Institute. 

Hal itu sangat sejalan dengan visi dunia pendidikan Indonesia ke depan di mana akan berfokus pada lulusan yang berkompetensi dan berkualifikasi. 

“Kami sangat mengapresiasi apa yang pak syamril lakukan. Hal itu sudah sejalan dengan Merdeka Belajar Kampus Merdekar dari kemetrian Pendidikan dimana kami berharap lulusan di perguruan tinggi betul betul memiliki kemampuan yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan industri dan bisnis,” jelasnya. 

Andi Lukman menyampaikan bahwa begitu banyak pengangguran yang timbul akibat tidak adanya keseriusan dari perguruan tinggi untuk meningkatkan kompetensi lulusan. 

Rangkaian penyambutan mahasiswa baru Kalla Institute masih berlanjut hingga tanggal 25 September 2022 nanti. Para mahasiswa baru masih akan menjalani proses orientasi lingkungan kampus dan bela negara yang akan dilaksanakan selama 5 hari di Kariango, Maros, Sulawesi Selatan. (*)


Tags: Jusuf Kalla Kalla Institute

Baca juga