KAREBANUSA.COM, Makassar - Salah satu program tahunan Pemerintah Kota Makassar, Makassar Great Sale, kembali hadir dengan berbagai keuntungan dan kemudahan.

Makassar Great Sale (MGS) 2022 merupakan program yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata Kota Makassar.

Berkolaborasi dan didukung penuh oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD Sulselbar, program yang dihelat serentak di seluruh pusat perbelanjaan anggota APPBI DPD Sulselbar ini berlangsung mulai 9 hingga 30 November 2022.

Program ini hadir sebagai respon terhadap optimisme kondisi dunia usaha khususnya industri ritel yang semakin membaik.

Optimisme tersebut muncul dari antusias belanja masyarakat yang semakin meningkat, sehingga diharapkan Makassar Great Sale 2022 dapat pula meningkatkan jumlah transaksi dan pengunjung pada pusat perbelanjaan agar tercipta percepatan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi khususnya di kota Makassar.

Makassar Great Sale 2022 sekaligus menjadi rangkaian dan momentum perayaan HUT Kota Makassar ke-415 tahun, dengan harapan mampu menggeliatkan perekonomian Kota Makassar.

Pemerintah Kota Makassar senantiasa hadir sebagai fasilitator yang akan berjalan beriringan dengan seluruh pusat perbelanjaan anggota APPBI DPD Sulselbar antara lain Mal Ratu Indah, NIPAH PARK, Trans Studio Mall Makassar, Phinisi Point, Mall Panakkukang, Mall GTC, dan Panakkukang Square Mall.

Festival belanja ini dibuka langsung secara resmi oleh Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, di Main Atrium NIPAH PARK,  Rabu (9/11/2022).

Hadir dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem. Ia  mengungkapkan Pemerintah Kota Makassar bekerjasama dengan APPBI DPD Sulselbar mengadakan kembali Makassar Great Sale 2022 yang merupakan agenda rutin dan tahunan.

“MGS tahun ini, sama dengan tahun kemarin, hampir seluruh pusat perbelanjaan di kota Makassar memberikan harga spesial dalam rangka memperingati HUT Kota Makassar,” katanya.

Kegiatan ini hadir memberikan peluang untuk para pengunjung mendapatkan harga spesial yang diberikan ritel-ritel di dalam mal, ini adalah salah satu strategi pemulihan ekonomi.

“Kami berharap MGS dapat meningkatkan daya beli masyarakat, dan membuat semuanya bergerak untuk bisa menekan inflasi,” ucap Roem.

“Kita tahu bahwa Makassar sudah deflasi sekarang di bulan Oktober lalu. Ini merupakan salah satu cara untuk menghadapi resesi, tapi semoga hal itu tidak terjadi di Indonesia khususnya di kota Makassar,” ungkapnya.

Selain itu, menurut Roem, pemberdayaan UMKM juga menjadi salah satu kekuatan untuk mengatasi inflasi.

“Produk lokal itu punya kekuatan sendiri. Di Dispar (Kota Makassar) sendiri, produk lokal menjadi sesuatu yang kita gencarkan dalam beberapa bulan terakhir ini, bagaimana masyarakat untuk menggunakan produk local,” papar Roem.

“Teman-teman dari APPBI DPD Sulselbar juga concern terhadap hal itu, kita lihat di hari ini banyak UMKM yang terlibat. Ini supaya mereka bisa bertahan dan memberikan daya beli juga kepada kita semua untuk bisa menekan resesi di Makassar,” tambahnya.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan tingkat pengunjung. Rata-rata persentase traffic di berbagai pusat perbelanjaan masih di angka 70-80 persen dibandingkan masa sebelum pandemi di tahun 2019.

Tentu ini salah satu upaya untuk melakukan percepatan dan menyemarakkan kembali pusat perbelanjaan. Gelaran ini diharapkan mampu menstimulasi gairah belanja dan kunjungan masyarakat ke pusat perbelanjaan.

Walaupun tingkat kunjungan belum seperti 2019 tetapi setidaknya sudah merangkak naik.

Makassar adalah salah satu kota yang paling cepat recoverynya dan menjadi salah satu kota yang menyumbangkan pertumbuhan ekonomi terbesar di Indonesia.

Harapannya, seluruh aspek bisa bergerak bersama untuk pertumbuhan ekonomi, sesuai ekspektasi dari kegiatan ini.

Makassar Great Sale 2022 dimeriahkan dengan berbagai program yang menggairahkan kembali aktivitas belanja. Mal Ratu Indah dan NIPAH PARK yang tergabung dalam APPBI DPD Sulselbar juga tidak mau ketinggalan memberikan penawaran menarik bagi pengunjung setianya.

Sebanyak 67 tenant Mal Ratu Indah turut berpartisipasi dalam Makassar Great Sale 2022 dengan menyuguhkan promo spesial berupa diskon hingga 70 persen.

Sedangkan sebanyak 32 tenant NIPAH PARK juga memeriahkan program ini melalui diskon hingga 90 persen untuk hampir seluruh kategori tenant antara lain Food & Beverage, Fashion, Shoes & Bags, Kids, Family Entertainment, Electronic, Optical, Home & Furnishing, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, pengunjung juga disambut oleh keramahan pengelola mal yang akan menggunakan pakaian adat khas kota Makassar. Lantunan musik tradisional Makassar juga akan diputar di area mal untuk semakin meningkatkan euforia gelaran Makassar Great Sale 2022.(*)


Tags: diskon Makassar Great Sale Nipah Park

Baca juga