KAREBANUSA.COM, Makassar - Di era globalisasi, penggunaan media dalam pembelajaran menjadi signifinan. Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama Sekolah Islam Athirah menghadirkan talkshow berjudul "Revolusi Pembelajaran: Menggagas Inovasi dalam Media Pembelajaran."

Talkshow ini diadakan, Kamis 25 Mei 2023 di Ruang Multimedia Sekolah Islam Athirah, Jl Kajoalaliddo No 22 Makassar. 

Nara sumber adalah Saharuddin SPd yang merupakan Kepala Departemen Kurikulum Sekolah Islam Athirah dan Hartoto SPd MPd selaku akademisi sekaligus penggiat dan peneliti e-Learning. 

Dr Nurhikmah H MSi selaku Ketua Program Studi Magister Teknologi Pendidikan UNM mengapresiasi kesediaan Sekolah Islam Athirah bekerja sama dalam talkshow ini.

"Komitmen kami untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional salah satunya diwujudkan dalam bentuk diskusi terbuka," paparnya.

Dalam lingkup inovasi pendidikan, Hartoto memaparkan bagaimana dunia pendidikan telah melewati berbagai kemajuan teknologi yang signifikan. 

"Terlepas dari semua inovasi tersebut, selalu ada hal-hal fundamental yang tetap konstan dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, para pendidik harus adaptif," ungkap Bapak Hartoto. 

Selain itu, Hartoto mengulas penggunaan istilah "media pembelajaran" dan tren penggunaan perangkat digital dalam pembelajaran, khususnya pendidikan formal. 

Menurutnya, terdapat kesalahan asumsi di masyarakat umum bahwa pembelajaran yang tidak menggunakan perangkat digital dan multimedia akan menghasilkan pembelajaran yang inferior. 

Saharuddin juga menekankan pentingnya memanfaatkan media yang ada di sekitar dan mudah diakses. "Bahkan anak-anak dari taipan teknologi yang paling mutakhir sekalipun cenderung menyekolahkan anak-anaknya di sekolah alam," imbuhnya.

Ia membagikan salah satu prinsip yang diterapkan di Sekolah Islam Athirah, yang menerima peserta didik mulai dari usia di bawah 1 tahun hingga jenjang SMA, yaitu pengembangan logika berpikir sejak usia dini. 

Sebagai contoh, kurikulum yang diterapkan di Athirah lebih banyak menggunakan media belajar dan bermain dalam bentuk fisik hingga setidaknya jenjang kelas 4 sekolah dasar. 

Acara talkshow pendidikan ini juga dihadiri oleh Dr Farida Febriati SS MSi dan Dr Citra Rosalyn Anwar SSos MSi yang merupakan dosen Magister Teknologi Pendidikan UNM. 

Menurut Dr Citra, yang juga merupakan alumni Sekolah Islam Athirah, sekolah tersebut selalu menjadi pelopor teknologi pendidikan khususnya di Kota Makassar. 

Dr Farida tidak luput menyampaikan rasa terima kasihnya kepada panitia penyelenggara dan pihak Sekolah Islam Athirah. "Kami sangat berterima kasih dan berharap kerjasama ini akan terus terjalin dari tahun ke tahun," tambahnya.

Acara talkshow pendidikan ini dihadiri oleh mahasiswa tingkat sarjana dan pascasarjana UNM, sekaligus oleh umum melalui Zoom Meeting. 

Salah satu peserta online yang berdomisili di Papua mengapresiasi acara ini dan bahkan mengutarakan keterkaitannya untuk melanjutkan studi di Program Magister Teknologi Pendidikan UNM. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari tiga talkshow yang diadakan pada tanggal 20 Mei di Baruga Anging Mamiri dengan tema Pendidikan Karakter dan pada tanggal 27 Mei yang dilakukan secara daring dengan tema Literasi Digital.(*)


Tags: Sekolah Islam Athirah UNM

Baca juga