KAREBANUSA.COM, Jakarta,-Wakil Presiden HM Jusuf Kalla, membuka secara resmi kegiatan OCEAN SDGs yang bertempat di hotel Fairmont Jakarta, Selasa (8/10/2019). Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Bapenas RI dan dihadiri oleh provinsi dan kabupaten / kota, serta NGO/CSO yang selama ini konsen pada pemberdayaan masyarakat pesisir dan pulau.

Dalam sambutannya JK berharap agar kegiatan  seperti ini terus ditingkatkan karena mampu membawa masyarakat pada kehidupan yang lebih baik. 

"Harapan kita, agar semua bisa berpartipasi aktif dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya usai membuka acara tersebut.

Jusuf Kalla bersama rombongan berkesempatan mengunjungi stand pameran yang ada. Salah satu yang disinggahi adalah stand milik  sekolah perempuan pulau Pangkep. JK tertarik dengan pembuatan miniatur perahu asal pangkep merupakan hasil kerajinan tangan anggota sekolah perempuan. JK juga menanyakan proses pembuatan dan siapa saja yang terlibat dalam pembuatan miniatur tersebuut. 

Wapres RI tersebut  memberi apresiasi atas inovasi kerajinan tangan anggota sekolah perempuan ,yang  selama ini mendapatkan dukungan asistensi dari Institute kapal perempuan, YKPM sulsel atas dukungan DFAT dari program MAMPU.

"Ini menarik dan perlu mendapat perhatian agar bisa dikembang, apalagi ini merupakan hasil karya masyarakat," ujarnya.

Dalam acara ini pula akan menjadi pembicara adalah salah seorang anggota sekolah perempuan pulau yaitu Nurlina atas advokasi merubah cara pandang pemerintah terhadap paradigma nelayan selama ini hanya untuk kerja kaum laki-laki. 

Nurlina tercatat salah penerima kartu Nelayan dan asuransi nelayan dari kementerian KKP RI. Ini bukti bahwa pemerintah mengakui bahwa pekerjaan nelayan bukan hanya untuk laki-laki. Untuk itu Nurlina berharap nelayan perempuan lainnya yang sudah dimasukan datanya ke kementerian KKP segera keluar kartu nelayan dan kartu asuransinya.

Selain Nurlina dari CSO sebagai pembicara, Bupati Pangkep juga akan menjadi pembicara dalam Ocean SDGs ini. Komitmen pemerintah Pangkep dalam mendukung pencapaian target SDGs dimulai sejak tahun 2016 silam, ketika itu kabupaten lainnya belum menunjukan komitman yang sama dengan  Kabupaten Pangkep. Bahkan dalam RPJMD dan RKA Komitmen tersebut di wujudkan dengan memberikan budget di APBD reflikasi sekolah perempuan untuk mewujudkan kesetaraan gender seperti pada tujuan 5 SDGs.

Dengan kegiatan ocean sdgs ini diharapkan akan berkelanjutan dan menjadi agenda tahunan pemerintah RI dan juga pemerintah lokal agar kepulauan menjadi prioritas dalam percepatan SDGs.


Tags: Pangkep Sekolah Perempuan Pangkep

Baca juga