KAREBANUSA.COM, MAKASSAR - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare menjadi satu-satunya SKPD di Kota Parepare yang meraih Predikat ‘’Sangat Baik’’ atau masuk Kategori A pada kegiatan Evaluasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan Kementerian PAN dan RB. 

Selain Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare, dua SKPD lainnya di Kota Parepare; Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD Andi Makkasau masing-masing meraih Predikat ‘’Baik’’ atau masuk Kategori B.

‘’Kami banyak melakukan perubahan dalam beberapa tahun ini, salah satunya menyingkat waktu layanan, menerapkan monitor antrian, dan memenuhi sejumlah indikator yang disyaratkan Kementerian PAN dan RB,’’ kata Saifullah, SIP, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare.

Selain itu tambah Saifullah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare juga proaktif turun ke lapangan, memastikan bahwa semua penduduk sudah memiliki dokumen kependudukan, terutama untuk kelompok lansia dan disabilitas.

‘’Kami juga sudah mempunyai standar pelayanan yang baku dan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, LSM Anak, Forum Anak dan sejumlah komponen masyarakat lainnya dalam penyusunan standar pelayanan,’’ timpa Adi Hidayah Saputra, S.STP, selaku Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data.

Satu lagi, waktu layanan Disdukcapil Kota Parepare tidak memberi jeda layanan kepada masyarakat ketika masuk waktu istirahat, tetapi tetap ada dua atau tiga petugas operator yang melayani warga selama jam istirahat tersebut.

‘’Jadi masyarakat yang datang saat jam istirahat siang tetap kami layani,’’ jelas Saifullah.    

Di Sulawesi Selatan, selain Disdukcapil Kota Parepare, dua daerah lainnya yakni Disdukcapil Kota Makassar dan Disdukcapil Kabupaten Maros, meraih hasil serupa atau masuk Kategori A. sedangkan Disdukcapil lainnya rata-rata masuk Kategori B.

‘’Mudah-mudahan hasil ini tak membuat kami berpuas diri, tapi jadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan,’’ tutup Saifullah.


Baca juga