KAREBANUSA.COM, Makassar - Fakultas Teknologi Industri (FTI) UMI memotong 4 ekor sapi pada Idul Adha 1441 Hijriah tahun ini. FTI mengandeng Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Gojek Makassar dalam menyalurkan daging kurban tersebut kepada penerima manfaat.

Penyaluran daging kurban tersebut dilakukan hari kedua Idul Adha, Sabtu (1/8/2020).

Dekan FTI UMI, Zakir Sabara H Wata, mengatakan ini adalah tahun ketiga FTI bekerja sama dengan ACT mengolah daging kurban.

Sejak 2018 lalu saat gempa Lombok,daging kurban dari FTI UMI disalurkan ACT kepada korban gempa di Lombok. Tahun 2019 lalu, ACT mengolah daging kurban menjadi makanan siap saji dan diberikan kepada penerima manfaat.

"Tahun ini kami kembali menggandeng ACT untuk memotong sapi kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Antang. Insyaallah proses pemotongan sapinya halal dan sesuai dengan syariat Islam. Teman-teman dari ACT juga melakukan packing dengan baik," ucapnya.

Dari empat ekor sapi yang berbobot masing-masing sekitar 80 km, bisa menghasilkan sekitar 320 kg daging kurban. Daging ini diberikan kepada yang berkurban (28 orang), cleaning service, satpam,  ojek online, dan kaum dhuafa yang telah dilakukan survei dan pencatatan oleh ACT. 

Kemudian, proses penyebaran daging kurban ini dilakukan oleh 20 driver Gojek. 

"Ini sesuai dengan himbauan WHO dan pemerintah untuk memperhatikan sosial dan physical distancing. Kami menghindari kerumunan, makanya diantarkan langsung ke rumah masing-masing penerima manfaat," ujar Zakir.

Miswar Arifin, selaku tim Global Qurban ACT, mengatakan bahwa adalah luar biasa kolaborasi dengan FTI dan Gojek dalam menyalurkan daging kurban.

"Alhamdulillah, tahun ini ada sekitar 40 negara yang menjadi penerima manfaat daging kurban dari ACT dan tahun ini juga kami kembali  menyapa sahabat ataupun saudara-saudara kita kaum dhuafa di kota Makassar," katanya.

Sementara itu, Adwin Pratama Anas selaku District Head Manager Gojek Makassar, memastikan bahwa mitra driver yang membawa daging kurban ini dalam kondisi sehat.

"Driver kami rutin memeriksakan kondisi tubuh setiap Minggu. Driver kami yang akan mengantarkan paket daging kurban ini merupakan mitra pilihan dan jempolan," katanya.

FTI maupun ACT dan Gojek berharap daging kurban yang disebarkan ini bisa memberikan kebahagiaan di tengah pandemi Covid-19 ini.


Tags: ACT FTI UMI

Baca juga