KAREBANUSA.COM, Makassar - Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) meresmikan sekretariat himpunan mahasiswa, Jumat (23/10/2020) pagi. Sekretariat ini memiliki konsep dan desain yang berbeda dari markas himpunan pada umumnya.

Sekretariat himpunan ini menggunakan kontainer dengan konsep minimalis, didesain sedemikian rupa sehingga tampak modern dan elegan.

Ada tiga sekretariat yang dibangun, masing-masing akan ditempati himpunan mahasiswa jurusan Teknik Industri, Teknik Kimia, dan Teknik Pertambangan.

Menurut Dekan FTI UMI, Dr Zakir Sabara, pihaknya membuat sekretariat seperti ini karena era jika di balik tembok sudah tidak berlaku lagi. Sekarang, eranya outdoor, agar pikiran mahasiswa lebih terbuka.

"Dulu kan kalau mau membangun, orientasinya pasti tembok, semen, dan pasir. Nah, kita coba hadirkan sesuatu yang sesuai jamannya anak 'Tiktok' dengan gayanya yang suka 'slengean', melantai, suka gaya bebas," kata Zakir usai peresmian.

"Selama pandemi ini, kami memikirkan tempat bagi mahasiswa untuk berkreasi dan menumbuhkan inovasi. Ini akan jadi tempat yang nyaman. Kami harap mahasiswa bisa menggunakan ini dengan maksimal dan berguna, dijaga dengan baik untuk generasi mendatang," tambahnya.

Untuk membangun 3 sekretariat ini, FTI menghabiskan anggaran sekitar Rp 300 juta dengan waktu pengerjaan hanya 2 bulan. Pengerjaan lebih cepat karena kampus masih sepi dari aktivitas perkuliahan offline akibat pandemi.


Ke depan, ungkap Zakir, akan dibangun tempat nongkrong mahasiswa yang terbuka di atas sekretariat tersebut, sebagai tempat bersantai saat mengerjakan tugas.

Tidak hanya itu, FTI UMI juga akan membangun sekretariat untuk Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). "Kita hadirkan bertahap sesuai dengan kemampuan dan kapasitas FTI," kata Zakir.

Wakil Rektor 3 UMI, Prof Laode Husain mengapresiasi hadirnya tiga sekretariat himpunan mahasiswa ini. "Kampus memang harus memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa, dan FTI sudah dalam posisi itu. Salah satu contohnya dengan menghadirkan sekretariat yang bagus seperti ini," katanya.


Tags: FTI UMI

Baca juga