KAREBANUSA.COM, Makassar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menggelar Rapat Pleno Terbuka penetapan paslon terpilih Pilwalkot Makassar 2020 di Hotel Claro hari ini, Sabtu (23/1/2021) pagi. Komisioner Makassar, Gunawan Mashar, mengatakan, penetapan ini dilaksanakan dengan protap Covid-19, seperti saat pendaftaran dan pengundian lalu.

“Bahkan jumlah yang masuk ke area penetapan lebih kita perkecil lagi. Acaranya kami gelar di ballroom yang jika keadaan normal bisa memuat 500-700 orang,” katanya.

“Yang kami undang adalah Bawaslu Makassar, Forkopimda, paslon, dan partai pengusung. Jumlah yang boleh masuk kami batasi, seperti tiap paslon diberi ID 10 buah, jumlah itu sudah masuk untuk paslon, pimpinan partai pengusung (ketua dan sekretaris), ditambah LO,” paparnya.

Gunawan menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan LO paslon untuk tidak mengerahkan massa ke lokasi acara atau di luar lokasi acara.

Selain penetapan paslon terpilih, KPU Makassar juga menggelar pameran hasil dokumentasi selama Pilwali Makassar 2020 di depan ruang pelaksanaan penetapan.

Berdasarkan hasil real count KPU Makassar dari 15 kecamatan di laman pilkada2020.kpu.go.id, paslon nomor urut 1, Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma), unggul dari pesaingnya. Pasangan yang diusung Partai Nasdem dan Gerindra ini meraih 41,3 persen suara.

Paslon nomor urut 2, Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman), yang diusung Partai Demokrat, PPP, dan Perindo memperoleh 34,7 persen.

Adapun paslon nomor urut 3, Syamsu Rizal MI-Fadli Ananda (Dilan), yang diusung Partai PDI-P, PKB, dan Hanura mendapat suara 19,0 persen suara.

Paslon nomor urut 4, Irman Yasin Limpo-Andi Muh Zunnun Armin Nurdin Halid (Imun), yang diusung Partai Golkar, PKS, dan PAN di posisi buncit dengan memperoleh suara 4,9 persen.


Tags: KPU Makassar Penetapan paslon terpilih Pilwali Makassar 2020

Baca juga