KAREBANUSA.COM, Makassar - Setelah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa (Unibos) bersama Rumah Sakit Labuang Baji dan RS TK.II Pelamonia Makassar tandatangani Kerjasama Memorandum of Agreement (MoA) agreement, Rabu (25/8/2021).

MoA ini langsung ditandatangani Kepala RS TK II Pelamonia, Kolonel Ckm dr Pontjo Yunarko SpPD MARS FINASIM, bersama Dekan Fakultas Kedokteran Unibos, dr Marhaen Hardjo MBiomed PhD. 

Turut membubuhkan tanda tangan adalah Rektor Unibos, Prof Dr Muhammad Saleh Pallu MEng, bersama Direktur RSUD Labuang Baji, drg Abdul Haris Nawawi MKes, yang diwakili dr Ade Chandra Mkes, SPTHT-KL.

Kerja sama yang berlangsung di Aula FK lantai 3 Unibos ini disaksikan langsung Founder Bosowa, HM Aksa Mahmud. Turut hadiri Plt BPH Bosowa Education, Sekertaris BPH Education, Head of HRGA Bosowa Education, jajaran pimpinan rektor, sekertaris Universitas, direktur pascasarjana Unibos, dan sivitas akademika FK Unibos.

Kepala Rumah Sakit TK II Pelamonia Makassar, dr Pontjo Yunarko, dalam sambutannya bangga menjalin kerjasama dengan FK Unibos sebagai. Ia berterima kasih karena Unibos bersedia menjadikan Pelamonia sebagai rumah sakit pendidikan untuk mencetak calon dokter di Fakultas Kedokteran Unibos. 

"Kami harap dapat memberikan proses pendidikan yang bermutu agar menghasilkan dokter yang berkualitas,” ucap dr Pontjo Yunarko.

Sementara Dekan FK Unibos, dr Marhaen Hardjo MBiomed PhD, memaparkan, jumlah mahasiswa FK Unibos semakin bertambah tiap tahunnya dan hal itu harus dibarengi dengan infrastruktur yang memadai.

"Oleh karena itu kami lakukan kerjasama ini berharap ini bisa membawa fakultas kedokteran universitas Bosowa setingkat lebih lebih baju lagi dan berharap dukungan dari RSUD Labuang Baji dan RS TK II Pelamonia Makassar dapat menigkatkan kualitas mahasiswa dan akreditasi FK Unibos,” ungkapna.

“Adapun bentuk MoA yang kita laksanakan dengan RSUD Labuang Baji dan RS TKII Pelamonia Makassar adalah Pendidikan yang akan dijalani mahasiswa kepaniteraan klinik, Fakultas Kedokteran Unibos adalah kepaniteraan Ilmu Bedah dan kulit kelamin,” tambahnya.

Aksa Mahmud mengatakan bahwa kerjasama tersebut sudah sangat tepat dilakukan agar dapat menghasilkan calon dokter berkualitas. Menurutnya, mahasiswa yang melaksanakan koast dan praktek di RSUD Labuang Baji dan RS TK II Pelamonia Makassar dapat belajar mengenai banyak penyakit Bersama dokter spesialis yang ahli dibidangnya.

“Kami mendirikan Unibos bukan untuk bisnis tapi dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan negara untuk melahirkan anak-anak yang cerdas dan membawa bangsa in ikedepannya lebih baik lagi. Kami juga terus mendorong dan mensupport dosen atau pendidik di unibos untuk terus bersekolah hingga professor agar memberikan ia menjadi pendidik yang berkualitas bagi mahasiswa," katanya.

“Kami juga terus akan meningkatkan fasilitas dan membangun infrastuktur, saya berharap unibos dapat menjadi contoh universitas swasta di Indonesia timur,” tutupnya.(*)


Tags: Unibos

Baca juga