KAREBANUSA.COM, Makassar - Universitas Bosowa (Unibos) Kembali menggandeng mitra kerjasama dalam rangka mengimplementasikan Tri dharma perguruan tinggi. Hal tersebut ditunjukkan melalui pendandatangan MoU (Memorandum of Understanding) dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan.

Kerjasama ini langsung ditandatangani Rektor Universitas Bosowa, Prof Dr Muhammad Saleh Pallu MEng, bersama Walikota Tarakan, dr Khairul MKes. Penandatanganan ini turut disaksikan oleh Ketua Badan Pengawas Harian yayasan Aksa Mahmud, Asrul Hidayat MT;  Sekertaris Yayasan Aksa Mahmud, Baharuddin Rahim; serta jajaran pimpinan Unibos, asisten direktur pascasarjana, dan rombongan Pemkot Tarakan. 

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Senat Unibos Lt 9 gedung satu, Kamis (21/10/2021) kemrin.

Selanjutnya turut dirangkaikan dengan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Pemkot Tarakan dengan Fakultas Kedokteran (FK) unibos yang ditandatangani langsung oleh Dekan FK Unibos, dr Marhaen Hardjo MBiomed PhD, bersama Walikota Tarakan, dr Khairul MKes. Turut menyaksikan Rektor Unibos.

PKS ini dilakukan dalam rangka upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan, pendidikan, pelatihan, dan penelitian dengan mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya yang dimiliki Unibos di Kota Tarakan.

“Kerja sama bisa kita teruskan, karena Fakultas Kedokteran Unibos ini bercitra industri yang mana merupakan nilai yang sama dengan Kota Tarakan yang memiliki corak kota industri," ungkap Dekan FK Unibos, dr Marhaen Hardjo.

Rektor Unibos, Prof Saleh Pallu, mengapresiasi pemerintah Kota Tarakan yang telah mempercayai Unibos. Menurutnya, kerja sama ini akan diimpelentasikan dengan beberapa program, bukan hanya dengan Fakultas Kedokteran, tetapi terbuka untuk fakultas dan program studi lain. 

"Kami sebagai civitas akademika tentu akan mendukung program-program yang akan kita kerjasamai bersama pemerintah Kota Tarakan terkait dengan kerja sama hari ini. Mudah-mudahan output dan outcome nya dapat segera dihasilkan karena kedua hal tersebut merupakan hal penting dari sebuah jalinan kerja sama,” jelasnya.

Walikota Tarakan, dr Khairul, mengatakan bahwa kerja sama ini diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. "Insya Allah dalam waktu dekat, implementasi MoU ini dapat kita lihat dalam bidang kesehatan, dan juga fakultas kedokteran Unibos akan kedatangan mahasiswa yang berasal dari Kota Tarakan," katanya.(*)


Tags: Kota Tarakan Unibos

Baca juga