KAREBANUSA.COM, Makassar - Sebagai salah satu bentuk pengembangan kualitas perguruan tinggi, Universitas Bosowa (Unibos) kembali lakukan kerjasama sejumalh pihak. Kali ini, Unibos melakukan MoU Pemerintah Kota Parepare, Selasa (2/11/2021). 

Penandatanganan kesepakatan kerja sama ini dilakukan Rektor Unibos, Prof Saleh Pallu MEng, bersama Walikota Parepare, Dr Taufan Pawe MH. Kemudian dilanjutkan dengan penandatangan MoA antara Dekan Fakultas Kedokteran Unibos dan Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare. 

Dalam kegiatan ini turut dilakukan kuliah umum yang bertemakan “Kepemimpinan Digital dan Entrepreneurship dalam menghadapi tantangan pembangunan Sulawesi Selatan” oleh Walikota Parepare. 

Agenda yang dibuka langsung oleh Rektor Unibos juga turut dihadiri oleh jajaran para wakil rektor, sekretaris universitas, para dekan fakultas dan jajaran kebala bagian Pemerintah Kota Parepare. Agenda ini dimoderatori oleh dekan Fisipol Universitas Bosowa, Arief Wicaksono MA. 

“Kerja sama ini merupakan cita-cita lama saya untuk melakukan kerja sama dengan Kota Parepare, dan akhirnya terwujud pada hari ini. Hal ini merupakan salah satu kebanggaan bagi kita, karena kita bisa bekerja sama dengan salah satu kota terbaik yang ada di Sulawesi Selatan," kata Prof Saleh Pallu.

Walikota Parepare, Dr Taufan Pawe MH, menjelaskan bahwa Kota 

Parepare telah banyak melakukan MoU dan MoA dengan banyak perguruan tinggi.

"Tetapi baru kali ini saya hadir karena saya mempunyai ikatan emosional dengan Rektor Universitas Bosowa. Tentunya kerja sama ini harus ditindak lanjuti dengan sifat nyata dan konkrit, khususnya dalam bidang kesehatan saya mengharapkan bisa menghasilkan lembaga kesehatan yang mempunyai wawasan luas," ujar Taufan.

"Saya berharap kerja sama dengan Universitas Bosowa ini dapat menjadi mata dan telinga agar masyarakat luas tahu bagaimana keadaan Kota Parepare sekarang," tambahnya.

Selama kuliah umum berlangsung, Taufan Pawe banyak menyinggung terkait mekanisme pemerintahan yang dijalankan di era serba digital seperti saat ini. Dalam membawakan materi, Taufan Pawe menjadikan Kota Parepare sebagai contoh bagaimana penerapan sistem digital dalam menjalankan pemerintahan. 

Selain itu, dalam kuliah umum tersebut, dapat diketahui bahwa Kota Parepare merupakan kota yang menerapkan nilai-nilai futuristik dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pada bidang kesehatan. Dengan Kerjasama ini, Walikota Parepare berharap Kerjasama dengan Unibos dapat membantunya untuk mengembangkan RSUD Parepare khususnya dalam bidang stem cell.(*)


Tags: Kota Parepare Unibos

Baca juga