KAREBANUSA.COM, Makassar -  Direktur PAUD Dikmas Kemdikbud Ristek, Dr Santi Ambarukmi, mengunjungi TK Islam Athirah 1, Rabu (15/12/2021). Rombongan disambut langsung Kepala TK Islam Athirah 1, Siti Khotijah SPd, bersama Kepala LPMP Sulawesi Selatan, Dr Abdul Halim Muharram MPd.

Kedatangan Dr Santi Ambarukmi dan rombongan ini untuk memantau sejauh mana tindakan TK Islam Athirah 1 sebagai sekolah penggerak.

“Menurut Ibu, apa ada bedanya sekolah ini setelah menjadi sekolah penggerak dengan sebelumnya? Apa saja yang sudah dilakukan sehubungan dengan program sekolah penggerak serta hal-hal yang akan dilakukan kedepannya?” tanya Dr Santi.

“Hal yang baru saya lakukan adalah mengubah mindset guru-guru tentang merdeka belajar dan bagaimana kegiatan-kegiatan yang membuat anak-anak merdeka belajar dan bermain,” jawab Siti Khotijah selaku Kepala TK Islam Athirah 1.

Siti Khotijah menambahkan,  apa yang sudah diterapkan TK Islam Athirah 1 selama ini dengan model sekolah penggerak sesungguhnya sudah banyak hal yang dijalankan di sekolah itu terutama kurikulum yang dimiliki Sekolah Athirah.

“Sekolah kami sesungguhnya sudah banyak menerapkan hal-hal dari sekolah penggerak. Tidak banyak yang berubah tinggal, dari sisi formatting saja,” paparnya.

Menurut Siti Khotijah, Sekolah Athirah mempunyai kurikulum AIHES yang sebenarnya dari sisi karakter yang diharapkan dari sekolah penggerak ini yaitu  pencapaian profil pelajar pancasila.

“Insya Allah tentu semuanya dibalut dengan akhlak Insya Allah karakternya juga sudah terbalut dengan baik,” ucapnya Siti Khotijah.

“Sekolah juga butuh penyesuaian-penyesuaian. Paling tidak semester dua akan mulai diterapkan pelan-pelan. Sebelum masuk semester dua saya membuat guru-guru paham secara format bagaimana modul ajar, assesmen, dan kurikulum operasional satuan,” tutupnya.(*)

 

Citizen Reporter: Ayu Wulansari

 



Tags: PAUD TK Islam Athirah 1