KAREBANUSA.COM, Makassar - Sekolah Islam Athirah (SIA) menargetkan menerima 805 peserta didik pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 di semua jenjang pendidikan. Target ini dinilai realistis sesuai dengan keadaan Pandemi Covid-19 saat ini.

"Tahun lalu capaian kami 807 siswa baru atau 83 persen. Tahun ini kita tergerak 805 peserta didik untuk tiga wilayah. Kita Optimistis, target itu bisa tercapai bahkan terlampaui," kata Ketua PPDB Sekolah Islam Athirah, Muthmainnah MPd, saat pembukaan PPDB 2022, Senin (3/1/2022).

"Rata-rata orang tua puas dengan proses pembelajaran dan program yang dijalankan di Sekolah Islam Athirah. Karena itu, mereka mempercayakan semua anaknya sekolah di sini, bahkan mempromosikan ke keluarga maupun rekan dan kerabatnya," papar Mutmainnah.

Adapun rincian target untuk setiap unit adalah untuk SMA dan SMP Islam Athirah Bone masing-masing 50 siswa baru untuk kuota mandiri.

Sementara itu, SMA Islam Athirah Kajaolalido menargetkan 130 siswa baru dan SMA Islam Athirah Bukit Baruga 125 siswa baru.

Adapun SMP Athirah 1 Kajaolalido menargetkan 125 siswa baru, demikian juga SMP Islam Athirah Bukit Baruga. Sedangkan SD Islam Athirah Kajaolalido bidik 125 siswa baru dan SD Islam Athirah Bukit Baruga 80 siswa.

"Adapun TK Islam Athirah di Kajaolalido dan Bukit Baruga masing-masing targetkan 35 peserta didik baru," ucap Mutmainnah.


Direktur Direktur Sekolah Islam Athirah,  Syamril MPd, mengatakan bahwa untuk mencapai tujuan itu dibutuhkan 3T yaitu target, tantangan, dan teamwork. 

"Target sudah ada, 805 peserta didik baru, ini merupakan alat untuk mewujudkan visi dan misi sekolah. Tentunya dalam mewujudkan target ini akan ada tantangan, karena itu kerja sama tim sangat diperlukan," katanya.

"Satu lagi adalah tawakkal," tambahnya.

Menurut Syamril, langkah selanjutnya adalah bagaimana menyusun strategi serta mengeksekusinya dengan penuh kepercayaan kepada Allah SWT.

Untuk PPDB 2022 ini, Sekolah Islam Athirah membuka early bird dengan potongan sampai Rp 5 juta.

"Jadi, pendaftar di bulan Januari ini akan mendapatkan potongan Rp 5 juta untuk internal dan Rp 3 juta untuk eksternal atau masyarakat umum," jelas Kepala Departemen Kurikulum Sekolah Islam Athirah, Saharuddin.

"Ada juga potongan bagi loyalis, dimana jenjang pendidikannya dipercaya ke Sekolah Islam Athirah, dari TK lanjut ke SD,  dan ke jenjang lainnya," tambahnya.

Saharuddin menambahkan, untuk tahun ajaran 2022 ini, Sekolah Islam Athirah akan memperluas jangkauan beasiswa. Jika sebelumnya hanya berlaku di SMP dan SMA Islam Athirah Bone, ke depan akan diberlakukan juga di Makassar, baik Bukit Baruga maupun di Kajaolalido.

"Kita ada beasiswa prestasi internal yang membebaskan uang pangka. Nah, kita akan menyasar siswa yang berprestasi akademik maupun non akademik, dan keagamaan," katanya.

Untuk alumni SMA Islam Athirah tidak hanya lanjut di kampus dalam negeri tapi juga ke luar negeri. Dari Bone misalnya, kebanyakan lanjut ke Turki, Sudan, dan Arab Saudi untuk mendalami keagamaan. Ada juga yang lanjut ke Oxford atau kuliah di Jepang dan lainnya.(*)


Tags: Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB Sekolah Islam Athirah

Baca juga