KAREBANUSA.COM, Makassar - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Kalla siap menciptakan entrepreneur yang unggul dan profesional. Rektor ITB Kalla, Syamril MPd, mengatakan bahwa entrepreneurs di Indonesia masih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain di ASEAN. 

Karena itu, salah satu unit bisnis dari PT Kalla Group menyiapkan kurikulum khusus untuk membina mahasiswa menjadi wirausaha.

"Mahasiswa dididik dengan kurikulum khusus, didorong menjadi entrepreneurs, ITB Kalla siap melahirkan pengusaha dan profesional," kata Syamril kepada media, Senin (10/1/2022).

Salah satunya dengan mengajak mahasiswa melakukan kunjungan ke beberapa perusahaan. Kemudian, mendatangkan pengajar dari pengusaha untuk berbagi pengalaman dan semangat.

Syamril menambahkan bahwa meski fokus menciptakan calon pengusaha, ITB Kalla juga mengasah skill non akademik mahasiswanya, untuk menyalurkan bakatnya. Karena itulah dibentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti UKM olahraga, UKM bahasa UKM seni, hingga UKM Pasar Modal.

Hal menarik lain dari kampus yang berada di Nipah Mal ini adalah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Pemimpin BEM di kampus lain disebutkan "ketua", sementara di ITB Kalla disebut CEO, merujuk kepada pimpinan di perusahaan. 

Hal ini dilakukan agar membiasakan mahasiswa menjadi bos dalam memimpin perusahaan.

ITB Kalla membina empat program studi, yaitu Kewirausahaan, Manajemen Retail, Bisnis Digital, dan Sistem Informasi.

"Karena ITB berada di kawasan mal, kita ada prodi yang relevan dengan pusat perbelanjaan yaitu Manajemen Retail," katanya 

Untuk tahun ajaran 2022, ITB Kalla membuka pendaftaran mulai Januari ini. Ada 100 kuota mahasiswa baru untuk empat prodi tersebut.

Selain kuota umum, ITB juga membuka jalur beasiswa. Ada dua jalan yaitu beasiswa tafidz, dimana syaratnya adalah menghafal Al-Qur'an 30 Juz. 

Ada juga beasiswa Duafa Berprestasi. Ini ditujukan bagi calon maba yang ingin kuliah tapi tidak memiliki biaya. Syaratnya, memiliki prestasi juara 1-3 tingkat nasional.


Tags: Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) ITB Kalla

Baca juga