KAREBANUSA.COM, Makassar – Wisma Kalla yang merupakan salah satu gedung perkantoran di Makassar genap berusia 12 tahun hari ini, Selasa (18/1/2022). Menginjak usia ke-12 tahun, Wisma Kalla ingin menjadi gedung perkantoran terbaik di Indonesia Timur.

Karena itu, Wisma Kalla terus melakukan pembenahan dan meningkatkan kualitas pelayanan dengan mengembangkan beberapa konsep pelayanan.

Wisma Kalla selama ini telah menjadi gedung perkantoran yang berhasil meraih Sertifikat Laik Fungsi (SLF) pertama di kota Makassar. SLF diterbitkan oleh pemerintah atas bangunan gedung yang telah memenuhi persyaratan kelaikan teknis sesuai fungsi bangunan.

Wisma Kalla memberikan kenyamanan dan keamanan gedung yang layak dalam skala perkantoran. Selain itu, Wisma Kalla juga sukses membuka ruang gerakan Coorporate Sosial Responsibility terhadap masyarakat sekitar.

Chief Operation Officer (COO) Kalla Inti Karsa, Ricky Theodores, mengungkapkan, di tahun 2022 ini, ada beberapa pengembangan akan dilakukan di Wisma Kalla dengan menggunakan konsep High-Tech Building. Wisma Kalla akan membuka ruang Coworking atau Creative Space, menggarap New Concept Amphitheater, menerapkan Green Office Building, hingga penataan kelola pencahayaan di seluruh gedung.

“Menjawab tantangan zaman, Wisma Kalla terus berinovasi dalam menghadirkan ruang perkantoran yang aman dan sesuai perkembangan trend perkantoran. Gedung perkantoran dewasa ini seharusnya dapat lebih fleksibel dan hadir dengan suasanan menyenangkan. Selain itu, Wisma Kalla juga di tahun 2022 ini akan melakukan beragam perubahan guna meningkatkan kenyamanan penghuni gedung,” ujarnya.

Beberapa langkah yang akan dilakukan di tahun 2022 dalam mengaplikasikan konsep “Wisma Kalla sebagai Hightech Office Building” diantaranya dengan menyediakan fasilitas fiber optic, Audio Video Conference, dan free wifi berkecepatan tinggi di beberapa spot.

“Khusus untuk free wifi, kami tingkatkan koneksi internet sampai 30 Mbps, tidak hanya di area tenant tapi juga di area publik seperti  lobby utama, amphiteather, dan warung kuliner. Ini kita lakukan karena behavior orang kerja sekarang yang kebanyakan online,” katanya.

“Suasana gedung juga akan kita upgrade, kita buat suasana lebih asri sehingga pengunjung dan pemilik tenan nyaman berkantor di Wisma Kalla tanpa takut dengan polusi,” kata paparnya.

Guna meningkatkan kreatifitas karyawan yang berkantor di Wisma Kalla, di tahun 2022 ini akan dibangun Coworking Space/Creative Space yang bertempat di lantai tiga. Selain berfungsi sebagai Creative Space, area tersebut juga dapat dimanfaatkan karyawan sebagai sarana untuk mengaktualisasikan diri. Creative Space tersebut memliki sarana berupa Pod Cast Studio dan Creative Spot.

Wisma Kalla di tahun 2022 bercita-cita untuk menjadi salah satu gedung parkantoran yang ramah lingkungan, dengan menerapkan prosedur pemilahan sampah dan penanganan limbah B3. Saat ini, Wisma Kalla telah melakukan kajian mengenai izin Limbah B3. Tak hanya itu, upaya ini juga ditinjau oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar.

Amphiteather Wisma Kalla akan menjadi salah satu spot area yang akan di ubah menjadi area yang lebih asri dan lebih hidup, di mana area tersebut akan dimaksimalkan menjadi salah satu Centre Piece Wisma Kalla.Tempat ini akan menjadi ruang bagi karyawan untuk melakukan kegiatan dengan nyaman dan santai, dan diharapkanakan menaikkan nilai Wisma Kalla sebagai green building.

Secara bertahap, Wisma Kalla melakukan pengantian sumber pencahayaan gedung, yang sebelumnya menggunakan bohlam, secara bertahap akan diganti menjadi lampu LED yang ramah lingkungan. Hingga saat ini, sudah 100 persen lampu distaircase telah tergantikan, dari yang sebelumnya lampu TL & T5 menjadi LED.

Selain effective dari segi pencahayaan, penggunaan LED juga sangant efisien dalam penggunaan energi, serta tahan lama dengan garansi penggunaan 25 tahun. Tenant dan calon tenant yang akan berkantor di Wisma Kalla juga akan dilakukan penggantian lampu-lampu dengan menggunakan lampu LED secara bertahap.

Hingga saat ini, Wisma Kalla telah dimanfaatkan sebagai ruang perkantoran untuk 23 perusahaan. Diantaranya 13 anak perusahaan Kalla Group, dan 10 perusahaan umum di luar ruang lingkup Kalla Group. Wisma Kalla juga memiliki 2 mesin ATM Bank Mandiri, dan Bank BNI yang dapat digunakan oleh masyarakat umum, dan 7 warung kuliner yang menyajikan beragam menu makanan dan minumn pilihan.

Tak hanya itu, Wisma Kalla juga memiliki 3 fasilitas unggulan, yakni Saoraja Ballroom, Klinik & Nursery Room, hingga Mushollah yang memadai dan nyaman.(*)



Tags: gedung perkantoran High-Tech Building Wisma Kalla