KAREBANUSA.COM, Makassar - Rektor Universitas Bosowa (Unibos), Prof Dr  Batara Surya MSi, melakukan perombakan pejabatnya yang akan akan mendampinginya dalam pengembangan Unibos ke depannya. Hal ini terlihat pada pelantikan 29 pejabat struktural, termasuk vice rector (Wakil Rektor) di Gedung Lestari 45, Jumat (13/5/2022).

Perombakan terlihat jelas pada struktural Vice Rector atau Wakil Rektor. Prof Batara Surya mengganti semua dengan wajah baru.

Dr Haeruddin Saleh MSi diamanahkan sebagai Vice Rector for Academic and Student Affairs; Dr Zulkifli Maulan MP sebagai Vice Rector for Innovation and Community Departement; kemudian Dr Seri Suryani MSi menjadi Vice Rector for Rescources and Support; serta Dr Agus Salim MT MSi, Vice Rector for Instititional Cooperation and Development.

Selain itu, Rektor juga melantik penjabat Directorate dan Development.

Kepada para pejabatnya yang baru ini, Prof Surya mengajak agar bersama-sama bekerja untuk mewujudkan target membawa Unibos sebagai kampus unggul.

"Memang ada sedikit perubahan struktural di Unibos dari kondisi sebelumnya. Kita memerlukan satu momentum bagaimana mengakselerasikan percepatan di Unibos agar berkembang ke arah yang lebih baik. Kita targetkan, dalam 4 tahun ke depan, Unibos bisa unggul dan punya daya saing," papar Prof Batara Surya.

"Kita harus berinovasi dan meningkatkan capaian yang telah diraih selama ini. Tantangan ke depan harus kita pikul bersama-sama agar impian bisa terwujud," katanya.

Prof Batara memaparkan bahwa Wakil Rektor 1 harus mampu membangun demokrasi sehingga menciptakan suasana proses belajar mengajar atau atmosfir akademik yang baik serta kondusif. Wakil Rektor 1 harus mampu menyelesaikan rasio mahasiswa dan dosen, serta mendata mahasiswa angkatan lama yang masih aktif.

Adapun WR 2 berfungsi mempercepat kemampuan dosen melakukan riset melalui sumber-sumber pendanaan yang tersedia baik yang bersumber dari pemerintah maupun pihak swasta yang bisa diajak bekerjasama ke arah inovasi dan pengembangan masyarakat dengan cara mengoptimalkan fungsi dan peran yang multi helix.

"Wakil Rektor 3 saya dipesankan agar dapat mengelola keuangan kampus secara sehat, efektif, dan efisien. Mulai sekarang harus dipikirkan untuk menggali potensi sumber-sumber pendapatan baru. Untuk mendukung proses pembiayaan, Inovasi diperlukan untuk menggali penerimaan yang bersumber dari bidang-bidang usaha lainnya, menambah pundi-pundi keuangan kampus," papar Prof Batara.

Sedangkan Wakil Rektor 4  bertugas evaluasi kerjasama dengan beberapa pihak, pemerintah provinsi, Pemda, maupun perusahaan yang memiliki inovasi.

Pelantikan ini juga dihadiri Founder Bosowa, Aksa Mahmud.

Dalam sambutannya, Aksa Mahmud, menetapkan beberapa pesan agar para pejabat membantu Rektor agar bisa membawa Unibos tumbuh menjadi lebih baik. 

"Kita menikmati kerja keras sekalian dengan kesuksesan nama besar Unibos," ucapnya.

"Saya harapkan ke depan lulusan Unibos menguasai dua hal selain akademik, yaitu kemampuan IT dan Bahasa Inggris. Mungkin tidak lama, 5 tahun ke depan, kita akan menghasilkan lulusan atau alumni yang jago IT dan Bahasa Inggris. Jadi bisa mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan Industri di tingkat Global,"  ungkap Aksa Mahmud.(*)


Tags: Unibos Vice Rector

Baca juga