Yanti yang merupakan mitra Tokopedia

KAREBANUSA.COM, MAKASSAR - Tokopedia, selalu berkomitmen mengakselerasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia melalui berkolaborasi dengan para pengguna, penjual dan mitra strategis lainnya. Salah satu langkah Tokopedia untuk mendorong masyarakat, khususnya yang ada di Makassar, untuk ikut berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia adalah melalui berbagai inisiatif lokal, termasuk dengan menghadirkan pengalaman O2O (online-to?offline atau offline-to-online), baik lewat Tokopedia Center maupun aplikasi Mitra Tokopedia.

Mitra Tokopedia yang kini telah berevolusi menjadi sebuah ekosistem, untuk mempermudah pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya, dalam mengembangkan bisnisnya dengan berjualan berbagai macam produk digital, seperti pulsa, tagihan air, voucher game dan lain-lain, serta membeli stok barang lewat fitur Grosir. Aplikasi ringan berukuran 3 MB ini mempermudah masyarakat Indonesia, pemilik warung, toko kelontong, dan usaha sejenis lainnya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih baik. Alternatif produk yang dijual pun bisa semakin banyak.

Yanti salah satu mitra Tokopedia yang berdomisili di jalan Anggrek Makassar , mengaku sangat terbantu dengan adanya Mitra Tokopedia. Sebab ia bisa membuka toko kelontong dengan modal pas-pasan.

Perempuan dengan nama lengkap Surianty tersebut mengatakan berbelanja grosir di Tokopedia sangat menguntungkan dan memudahkan. 

"Biasanya kalau kita belanja grosir di tempat lain itu harus dalam jumlah banyak baru diantar ke tempat kita. Itupun dikenakan biaya antar. Kalau di Tokopedia tidak perlu beli banyak, cukup minimal Rp 50 ribu, barang pesanan kita sudah diantar sampai rumah," ujarnya. 

Ia juga mengatakan harga yang ada di Mitra Tokopedia relatif murah meskipun dibeli satuan. 

"Harganya murah, bahkan kadang lebih murah di Tokopedia daripada di pasar. Saya jadi lebih banyak keuntungan karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk transportasi saat berbelanja," pungkasnya.

Selain itu, Surianty juga merasakan  omzet warungnya meningkat 20 persen per bulannya.

“Lewat Mitra Tokopedia, kami berharap warung-warung di Indonesia bisa menjadi ‘warung super’,” External Communications Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Saat ini, fitur Grosir sudah bisa dipakai oleh para pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya di 25 kota/kabupaten, mulai dari Banda Aceh hingga Makassar, sedangkan fitur penjualan produk digital, seperti pulsa dan token listrik, bisa dimanfaatkan di 500 kota/kabupaten. 

Hal ini menjadikan aplikasi Mitra Tokopedia sebagai platform O2O dengan cakupan wilayah paling luas di Indonesia. Tercatat hingga Oktober 2019, lebih dari 20 juta masyarakat Indonesia telah dilayani oleh para mitra lewat aplikasi Mitra Tokopedia. 



Tags: Mitra Tokopedia Tokopedia

Baca juga