KAREBANUSA.COM, MAKASSAR  – Badan Penyelenggara dan Pembinaan Dakwah Islam (BPPDI) PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) melaksanakan pemotongan sebanyak 60 ekor hewan qurban di Idul Adha 1441 H/2020.

Corporate Secretary yang juga Ketua BPPDI PT Pelindo IV, Dwi Rahmad Toto mengatakan, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun pihaknya menyelenggarakan pemotongan hewan qurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

“Kalau tahun-tahun sebelumnya, pemotongan hewan qurban dilaksanakan di Pelabuhan Makassar dan Paotere, tahun ini karena pandemi Covid-19 maka kami melaksanakannya di 2 RPH, yakni RPH Maros dan RPH Bontonompo Takalar,” kata Toto.

Dia merinci, total 60 ekor hewan qurban yang disembelih tahun ini terdiri dari 48 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Toto juga menyebut, di antara 48 ekor sapi yang disembelih tahun ini, ada 15 ekor yang akan disumbangkan kepada berbagai pihak.

“Yaitu 5 ekor disumbangkan ke masyarakat yang bermukim di sekitar Makassar New Port (MNP), 4 ekor ke lembaga zakat dan masing-masing 1 ekor ke Kantor Otoritas Pelabuhan Makassar (OP), Kantor Syahbandar Makassar, Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Makassar, masjid di wilayah Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Paotere dan Polres Pelabuhan,” rinci Toto.  

Selebihnya, hasil pemotongan hewan qurban sebanyak 2.746 kg daging itu dibagikan kepada semua tenaga outsourcing di lingkungan Pelindo IV, warga sekitar kompleks Perumahan Pelindo IV, warga sekitar Pelabuhan Makassar, kaum dhuafa dan panti asuhan.



Tags: Idul Adha 10 Zulhijah Pelindo IV

Baca juga