KAREBANUSA.COM, Sungguminasa – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa menetapkan pasangan Adnan Purichta Ichsan - H Abd Rauf Malaganni (Adnan-Kio) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Gowa terpilih periode 2021-2026 pada Pilkada Gowa 2020.

Hal ini ditetapkan dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gowa Tahun 2020 di Gammara Hotel Makassar, Jumat (22/1/2020).

Ketua KPU Kabupaten Gowa, Muhtar Muis, mengatakan penetapan ini berdasarkan surat KPU RI Nomor 60/PL.027-SD/03/KPU/X/2021 tanggal 20 Januari 2021 perihal Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Serentak Tahun 2020.

"Penetapan paslon terpilih ini menyusul pemberitahuan Mahkamah Konstitusi bahwa tidak ada gugatan terkait pilkada setempat,” katanya.

“Pada Pilkada Gowa pada tanggal 9 Desember 2020 lalu, pasangan Adnan-Kio yang berhasil memperoleh suara sebanyak 377.463 atau 91,22 persen. Dengan demikian ditetapkan sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gowa 2020," tambahnya.

Muhtar membeberkan, paslon Adnan-Kio ini menjadi paslon tunggal di Pilkada Gowa 2020 dan didukung sembilan parpol yaitu PKB, PDIP, Golkar, PPP, PAN, Nasdem, Demokrat, PKS, dan Perindo.

Selain itu, dirinya mengaku tahun 2020 ini membuktikan bahwa Gowa mampu meraih zona hijau dalam perhelatan pilkada. Apalagi selama ini pilkada Gowa terkenal dengan zona merahnya, sehingga melalui capaian tersebut dirinya mengungkapkan rasa terimakasjhnya kepada seluruh jajaran pemerintahan, TNI Polri, Bawaslu, dan lainnya dalam membantu mensukseskan Pilkada 2020 tersebut.

"Terimakasih kepada seluruh lihak yang ikut terlibat dalam keberhasilan ini, Pemkab Gowa, polres, kodim, satpol, unsur agama, masyarakat desa/lurah, bawaslu dan lainnya berkat kerjasama ini proses pemilihan kepela daerah bisa berjalan lancar dengan zona hijau yang kita raih," tambahnya.

Sementara Bupati Gowa terpilih, Adnan Purichta Ichsan didampingi Wabup terpilih mengaku dengan capaian yang diraih bersama Abd Rauf menunjukkan kepercayaan masyarakat semakin tinggi kepada dirinya untuk membangun Gowa 5 tahun kedepan.

"Sebanyak 91,22 persen bukan suara sedikit namun itu menunjukkan harapan masyarakat kepada kami berdua sangat tinggi, semoga itu bisa terbayar dengan membangun Gowa lebih baik selama lima tahun kedepan," katanya.

Adnan membeberkan usai dirinya ditetapkan sebagai paslon terpilih periode kedua ini, pihaknya akan fokus dalam pemenuhan janji-janji politik sesuai dengan visi-misi yang telah dibuat salah satunya menyusun RPJMD secara bersama-sama dengan SKPD dan DPRD.

"Pada periode kedua ini visi-misi kita yang akan dijabarkan dalam RPJMD sehingga jelas ukurannya, tahun pertama berapa persen sampai dengan tahun kelima berapa persen yang harus kita capai pada program yang akan kita laksanakan bersama," beber orang nomor satu di Gowa itu.

Kendati demikian, tahun 2021 ini dirinya berfokus pada pembenahan infrastruktur lanjutan mulai dari pembangunan rumah tahfidz lanjutan, Mall Pelayanan Publik (MPP), pos pelayanan publik di 9 kecamatan dataran tinggi, lanjutan Buper Cadika sebagai pendidikan karakter anak sekolah, RS Pratama, melengkapi fasilitas atau alat kesehatan di beberapa puskesmas dan lainnya.

Ia turut mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang sudah bekerja sehingga Pilkada Gowa 2020 berjalan lancar dengan partisipasi pemilih yang tinggi yaitu 78,24 persen.

"Tahun 2020 bukan hanya paslon berprestasi namun penyelenggara juga mampu meraih tingkat partisipasi pemilih yang tinggi di Sulsel meskipun pandemi dimana banyak yang takut dan khawatir tapi saat pilbup mereka berbondong-bondong untuk menyalurkn hak pilihnya. Semoga prestasi dan kekompakan ini mampu kita jaga untuk membawa Gowa lebih baik dan sejahtera di masa yang akan datang," pungkasnya.(*)


Tags: Adnan Purichta Ichsan Adnan-Kio Gowa Kabupaten Gowa

Baca juga