KAREBANUSA.COM, Makassar - Universitas Bosowa (Unibos) menggelar penyambutan 98 mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM-DN) dan program pertukaran mahasiswa tingkat Universitas Tahun 2021, Senin (29/11/2021). Penyambutan ini dilaksanakan di ruang Rapat Senat Lt9 Kampus 1 Unibos.


Mahasiswa Inbound ini berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta se Indonesia. Mereka akan mengikuti program pendidikan di Unibos selama satu semester ke depan.


Rektor Unibos, Prof Saleh Pallu, menyambut langsung para mahasiswa ini disaksikan jajaran pimpinan universitas, sekertaris Unibos, para pimpinan fakultas dan penangnggung Jawab PMM DN Unibos.


Muh Aditya MPsi Psikolog, selaku Penanggung jawab PMM DN sekaligus Ketua Program Studi Fakultas Psikologi Unibos mengungkapkan, dari 98 mahasiswa yang melakukan study pertukaran ini, 37  mahasiswa yang datang secara luring (offline). Tapi, baru 24 orang yang tiba di Unibos.


“Saya ingin menyampaikan progres terkait pertukaran mahasiswa merdeka dalam negeri yang dilaksanakan tingkat nasional. Secara umum mahasisiwa inbound yang masuk ke Universitas Bosowa sebanyak 37 mahasiswa, tetapi yang tiba di Unibos sekitar 24 orang dan mereka telah mengikuti SOP  dan persetujuan kampus yang bersangkutan,” ungkap Aditya.


 “Secara umum, ke depannya Tim PMM DN memiliki harapan besar terhadap mahasiswa yang dikirim ke Universitas Bosowa. Kami berharap teman-teman dapat mengambi hal-hal positif dari Kota Makassar dan tentunya Universitas Bosowa,” tuturnya.


Selain itu, Unibos juga kedatangan 24 mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Palopo  yang mengikuti program pertukaran mahasiswa tingkat perguruan tinggi.


“Hari ini juga kami menyambut 24 mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Palopo yang turut  mengikuti pertukaran mahasiswa tingkat lokal yang dilakukan dalam rangka implementasi dari kerjasama antar perguruan tinggi,” pungkasnya.


Rektor Unibos, Prof Muhammad Saleh Pallu MEng, menuturkan harapannya agar mahasiswa dapat mengambil ilmu dan pengalaman baru yang bermanfaat di Unibos serta. Ia berpesan agar mahasiswa inbound dapat beradaptasi dengan lingkungan di Unibos  


“Mahasiswa yang telah kami terima di Unibos semoga dapat mengambil manfaat sebanyak mungkin  agar menjadi bekal dan pengalaman yang berharga di kemudian hari. Saya juga berpesan agar menikmati selama berkuliah di sini. Walaupun saat ini Anda merasakan perbedaan budaya yang cukup signifikan, saya harap anda tetap bisa beradaptasi, karena budaya akademik anda dengan kami kurang lebih sama,” tuturnya.


“Budaya akademik yang paling diterapkan di sini adalah etika. Seperti etika berbusana, berbicara, serta etika berkademik. Contoh aturan atau tata tertib di Unibos adalah bagi laki-laki rambut tidak boleh panjang, tidak boleh merokok di area kampus, dan harus berbusana sopan. Hal-hal ini diterapkan agar dapat membentuk SDM yang berkualitas, baik secara etika maupun akademik. Kami ucapkan selamat datang di kampus Unibos, kampusnya para bos-bos,” tutup Prof Saleh.


Seorang mahasiswa Inbound PMM-DN 2021, Taufiq Wijaya Qiry, bersyukur bisa diterima dengan baik di Unibos. Mahasiswa dari universitas negeri di Medan, Sumatera Utara, ini berharap bisa mengikuti pembelajaran dengan lancar di Unibos.


“Terima kasih kepada Unibos telah menyambut kami dengan baik. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kami semua serta menjadi pengalaman baru dalam mengasah kemampuan soft skill yang dapat kami ceritakan kepada teman-teman yang tidak mengikuti program ini,” ungkapnya.(*)


Tags: Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri Unibos

Baca juga