KAREBANUSA.COM, Makassar - PT Baoshuo Taman Industry Investment Group (BTIIG) atau yang juga dikenal sebagai Huabao Industrial Park (Huabao Indonesia) bekerja sama dengan PJK3 dan Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Tengah menggelar sertifikasi Surat Ijin Operator (SIO) bagi 181 operator yang bekerja di lingkup perusahaan. 

Kegiatan tersebut di gelar bertahap mulai April hingga Mei 2024 yang di kemas dalam batch 1 hingga bacth 4. 

Hal ini diungkapkan External Relations Manager Indonesia Huabao Industrial Park, Cipto Rustianto.

"Pelatihan dan sertifikasi SIO alat berat ini bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan sumber daya manusia operator alat berat serta mewujudkan tenaga terampil operator alat berat yang mempunyai kemampuan dan keterampilan secara terpadu dalam mengoperasikan alat berat sehingga diharapkan mampu mencegah kecelakaan di tempat kerja," ucapnya.

Menurut Cipto, selama kegiatan ini tiap operator diberikan materi kebijakan K3, peraturan perundang-undangan K3 alat berat, dasar-dasar K3, pengetahuan dasar alat berat, pengetahuan tenaga penggerak dan hidraulik, perangkat keselamatan kerja (safety devices), sebab-sebab kecelakaan, faktor-faktor yang mempengaruhi beban kerja aman, pengoperasian aman, perawatan dan pemeriksaan harian, pengetahuan job safety analisis dan stabilitas alat. 

Materi tersebut disampaikan oleh narasumber yang berasal dari Ahli Angkat Angkut PJK3 dan Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Tengah. 

Adapun lisensi yang di berikan adalah lisensi yang di keluarkan langsung oleh Kemenaker dan terdaftar di Web Kemenaker. 

Dalam materi yang di sampaikan oleh pemateri antara lain adalah materi pokok dalam penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi SIO alat berat ini antara lain kebijakan dan peraturan K3 alat berat, pengetahuan alat berat, sebab-sebab kecelakaan dan mengoperasikan alat berat dengan aman.

Pada Batch 1 Angkut April (24 - 27 April 2024) 18 Operator DIT, 1 Operator Bulldozer, 4 Operator Forklift, 4 Operator Mixer, dan 2 Operator Trailer yang disertifikasi.

Sementara pada Batch 2 Angkat April (28 April - 02 Mei 2024) ada 11 Operator Crane Kapal, 1 Operator Boom Truck, 7 Operator Crane Crawler, 2 Operator Mobile Crane, dan 9 Operator Hoist Crane yang disertifikasi. 

Pada Batch 1 Angkut Mei (03-06 Mei 2024) ada 3 Operator Trailer, 2 Operator Bulldozer, 13 Operator DT, 10 Operator Excavator, dan 2 Operator Forklift yang disertifikasi. 

Kemudian pada Batch 2 Angkut Mei (07 - 10 Mei 2024) ada 13 Operator Excavator, 10 Operator DT, dan 7 Operator Loader yang disertifikasi. Untuk atch 3 Angkut Mei (11 - 14 Mei 2024) ada 1 peserta operator Bulldozer, 2 Operator DT, 14 Operator Excavator, 4  Operator Forklift dan 9 Operator Loader. 

Terakhir, pada Batch 4 Angkat Mei (15-19 Mei 2024) ada 4 peserta Operator Hoist Crane, 8 peserta operator Crane Crawler, 7 peserta operator Mobile Crane, 2 peserta operator Boom Truck dan 10 peserta Juru Ikat (Rigger). 

Selain itu ada pula rigger atau juru ikat untuk crane yang diberikan pelatihan sertifikasi yang digabungkan dengan sertifikasi SIO crane di batch 4. 

Sebelumnya, pada tahun 2023 lalu, Huabao juga telah mengsertifikasi 119 operator lingkup perusahaan. 

Huabao sendiri adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Pengelolaan Kawasan Industri Berbasis Smelter Nikel yang berlokasi kerja di Desa Topogaro, Kecamatan Bungku Barat, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah. 

Indonesia Huabao Industrial Park merupakan bagian dari Zhenshi Holding Group, yang merupakan salah satu dari 500 perusahaan Tiongkok teratas, 500 perusahaan manufaktur Tiongkok teratas, 500 perusahaan swasta Tiongkok teratas, dan 100 perusahaan swasta jasa Tiongkok teratas. 

Zhenshi, yang terletak di Dataran Hangjiahu di Delta Sungai Yangtze, adalah salah satu perusahaan percontohan reformasi saham gabungan pertama di Provinsi Zhejiang. 

Indonesia Huabao Industrial Park sebagai bagian dari Zhenshi Group bersama-sama berkomitmen akan menjadi yang terbaik di wilayah Asia dan terbaik di Indonesia.

(*)


Tags: BTIIG Huabao Indonesia Huabao Industrial Park Morowali PT Baoshuo Taman Industry Investment Group Surat Ijin Operator (SIO)

Baca juga