KAREBANUSA.COM, MAKASSAR – Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) kembali menerima 31 mahasiswa yang mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Angkatan I Tahun 2020.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Pelindo IV, M. Asyhari mengatakan, sebanyak 31 mahasiswa PMMB Angkatan I tahun ini akan mengikuti magang di Perseroan selama 6 bulan lamanya, yakni dari 17 Februari hingga 17 Agustus 2020.

“Mereka berasal dari 13 Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Makassar dan 2 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di luar Kota Makassar. Selama menjalankan program magang, ke-31 mahasiswa tersebut akan ditempatkan di masing-masing direktorat,” sebut Asyhari.

Adapun 15 perguruan tinggi yang mahasiswanya terdaftar dalam PMMB Angkatan I 2020 yakni, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Hasanuddin, Universitas Mulawarman, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Negeri Makassar, Universitas Islam Negeri Alauddin dan Universitas Fajar.

Selanjutnya ada juga mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Bosowa, Politeknik Negeri Ujungpandang, Politeknik Ati Makassar, Politeknik Ilmu Pelayaran, STIA LAN Makassar, STIE Amkop dan STIM Nitro Makassar.

Asyhari menuturkan, kegiatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat dilaksanakan bekerjasama dengan seluruh BUMN, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI). 

Kegiatan ini telah diikuti oleh PT Pelindo IV sejak 2019, dengan tujuan untuk menghadirkan sinergi melalui BUMN Hadir untuk Negeri, dimana kandidat rekrutmen untuk BUMN terkait dan menciptakan SDM yang berjiwa entrepreneur sesuai dengan kebutuhan BUMN.

Dia menyebutkan, Forum Human Capital Indonesia merupakan wadah bagi para pengelola dan praktisi manajemen Human Capital di lingkungan BUMN untuk kemajuan pengelolaan Human Capital di Indonesia.

Sejauh ini lanjut Asyhari, Pelindo IV telah bekerjasama dengan 17 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, yaitu Universitas Hasanuddin, Universitas Muslim Indonesia, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Universitas Fajar Makassar, STIA LAN Makassar, STIEM Nitro Makassar, Politeknik ATI Makassar, Universitas Negeri Makassar, Universitas Bosowa Makassar, Politeknik Negeri Banjarmasin, Universitas Pertamina Jakarta, Universitas Mulawarman, Universitas Negeri Riau, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, dan STIE AMKOP Makassar. 

"Tahun ini kami juga menargetkan untuk melakukan kerja sama dengan universitas atau perguruan tinggi yang ada di Provinsi Papua, Papua Barat dan Provinsi Maluku," tukas Direktur SDM Pelindo IV.



Baca juga